Berita

-

Senin, 30 Mei 2022 Operator 918

Wujudkan Generasi Qur`ani, MTsN 1 Padang Giatkan Literasi Al-Quran

Padang Humas- Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang Idra Putri mengatakan bahwa di era globalisasi dan digitalisasi yang penuh tantangan, persaingan, dan kebebasan ini, sebuah lembaga pendidikan apalagi madrasah sangat perlu mendekatkan siswanya dengan Al-Qur'an dengan cara membaca, mengartikan, dan memahami kitab suci yang menjadi pedoman hidup manusia yang bersifat universal dan relevan dengan semua zaman. 

Untuk mewujudkan hal tersebut diawal kepemimpinannya sebagai Plt. Kepala Madrasah Idra Putri langsung mencanangkan dan menggiatkan Literasi Al-Qur'an. Literasi Al-Qur'an itu dilaksanakan sepuluh menit sebelum Proses Belajar Mengajar (PBM) dimulai tanpa mengurangi durasi waktu Jam Tatap Muka (JTM).

Kegiatan Literasi tersebut diprogram secara matang, terstruktur, dan disepakati melalui Rapat Dinas. Kegiatan tersebut dipandu oleh guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI) secara bergantian. 

Adapun teknis pelaksanaannya bel masuk dibunyikan lima belas menit sebelum PBM dimulai, setelah kelas disiapkan oleh ketua kelas dan berdoa guru yang mengajar pada pertama mengajak  semua siswa  membuka Al-Quran, kemudian guru PAI memandu bacaan nya dari ruang kantor majelis guru dan membaca 5-10 ayat secara bersambung dimulai dari surat al-fatihah

Idra Putri saat diwawancarai oleh tim Humas mengatakan bahwa, dampak positif dari program Literasi Al-Qur'an ini sangat besar dalam pembentukan karakter siswa, karena setiap hari mereka membawa Al-Qur'an didalam tasnya yang secara tidak langsung akan membuat perilaku dan sikap mereka akan terbentuk karena mereka ingat didalam tasnya ada kitab suci yang merupakan kalamullah yang tiada tandingan dan bandingannya.

Output yang ingin dicapai dari Literasi Al-Quran ini diantaranya adalah menfasihkan bacaan bagi masih terbata-bata, memperbaiki bacaan bagi yang sudah bisa, meningkatkan minat baca, dan menumbuhkan rasa cinta kepada Al-Qur'an. Tidak satu orangpun siswa/i tamatan MTsN 1 Padang yang tidak bisa membaca Al-Qur'an ulas Idra mengakhiri.

(Humas MTsN 1 Padang