Berita

-

Kamis, 29 Juni 2023 Operator 234

Perpustakaan MTsN 1 Padang Sambut Tahun Ajaran Baru Dengan Suasana Baru


Padang Humas- Perpustakaan salah satu penentu bagi peningkatan mutu dan kualitas pendidikan karena Perpustakaan menjadi referensi dan rujukan bagi guru dan siswa dalam mendudukkan pokok materi pembelajaran. Perpustakaan perlu di tata dan dikelola secara profesional oleh tenaga yang juga profesional.


Menyambut tahun ajaran baru 2023/2024 dan peserta didik baru pihak pengelola Perpustakaan MTsN 1 Padang ingin menyuguhkan suasana baru yang menarik dan menyenangkan. 


Saat ini Perpustakaan MTsN 1 Padang makin tacilak, bersih, dan indah setelah dilakukan renovasi ruangan. Progres ini merupakan kebijakan yang dibuat oleh kepala madrasah dalam rangka mewujudkan Perpustakaan yang bersih, sejuk, nyaman, dan menyenangkan bagi para pengunjung.


Renovasi ruangan Perpustakaan dilakukan diakhir semester genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Sementara penataan ruangan dan tata letak buku dilakukan setelah masuk masa libur semester.


Penataan ruangan Perpustakaan dikoordinir langsung oleh Wakasarpras, Suhelri dan Kepala Perpustakaan, Syahri Rahmi dengan tim kerja, Heva Ali Fatmi, Gustina, Lisa Novia, dan dibantu oleh beberapa orang guru dan pegawai.


Penataan ini juga dalam rangka mempersiapkan    pengelolaan dan layanan Perpustakaan yang sesuai dengan Peraturan Perpustakaan Nasional (Perpurnas) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan layak diajukan untuk Akreditasi.


Saat ini Perpustakaan MTsN 1 Padang dikelola oleh tiga orang pegawai dibawah koordinator Kepala Perpustakaan, Syahri Rahmi dengan anggota Heva Ali Fatmi, Gustina, dan Lisa Novia (Pustakawan murni)


Sementara itu Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal mengapresiasi pihak pengelola Perpustakaan yang telah menata dan memperlihatkan progres nyata demi memberikan pelayanan prima kepada pengunjung.

"Semoga dalam waktu dekat Perpustakaan MTsN 1 Padang bisa terakreditasi dengan nilai yang sangat baik," harap Isrizal.


Isrizal mengatakan pengelola perpustakaan juga harus memiliki kompetensi dan skill yang baik agar proses interaksi, komunikasi informasi dapat berjalan maksimal. Sarana prasarana perpustakaan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan secara detail. Sebab, kondisi ruang perpustakaan dapat mempengaruhi kenyamanan dan kesan yang menyenangkan. Sehingga pengunjung memiliki kesan baik dan betah berada di perpustakaan.


"Gerakan literasi madrasah merupakan bentuk keseriusan madrasah dalam meningkatkan minat baca, minat menulis dan beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan literasi. Seseorang yang telah terbiasa dengan kegiatan literasi ini tentu mampu menelusuri, menemukan informasi secara cepat tepat dan akurat," ujar Isrizal.


Isrizal meminta pengelola perpustakaan juga bisa lebih meningkatkan kompetensi dan skill dalam membantu gerakan literasi ini. Selain itu, pengelola perpustakaan juga harus meningkatkan kemampuannya untuk menghadapi arus informasi yang semakin besar.


Kepala Perpustakaan, Syahri Rahmi mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan renovasi ruangan dan penataan susunan buku dengan rapi sesuai acuan dan standar yang ada, sistem manajemen dan layanan serta kenyamanan ruangan.


"Kami akan terus melakukan progres dan perbaikan yang signifikan  dalam rangka mewujudkan Perpustakaan berstandar nasional, memanfaatkan IT dan Digitalisasi serta mempersiapkan akreditasi Perpustakaan," ungkap Rahmi. 


(DTB)