Berita

-

Sabtu, 29 Januari 2022 Operator 637

Sukses Memimpin Dua Madrasah Afrizal di Apresiasi Kakanwil Kemenag Sumbar H. Helmi.

Padang Humas-Sukses memimpin dua madrasah kepala MTsN 1 Padang Afrizal di apresiasi oleh Kakanwil Kemenag Sumbar H. Helmi saat membuka kegiatan Bimtek Pembelajaran Berbasis ICT Jumat, 28/01/22 di Hotel Grand Zuri.

Dalam arahannya H. Helmi menuturkan kemaren Afrizal menggelar helatan akbar di MAN 3 Padang dengan meresmikan PTSP dan sekarang laksanakan Bimtek di Hotel berbintang empat  kedua-duanya sukses luar biasa, ini hal yang luar biasa dari seorang pemimpin.

Apresiasi ini tidak semerta-merta diberikan tetapi sangat beralasan, dengan menggeliatnya pembangunan pisik dua madrasah yang Ia pimpin. Simpelsigumas MAN 3 Padang diresmikan oleh orang nomor 1 di Kanwil 

Kemenag Sumbar dan MTsN 1 menggelar Bimtek di Hotel berbintang empat.

Minggu pertama kepemimpinannya di MTsN 1 Padang mulai dibangun Ruang Kelas Baru (RKB) semi permanen, Minggu ketiga ditabuh MTsN 1 Padang Go nasional, minggu keempat dilaunching MATSANTUPA JAYA.

Peringatan Hari Guru Nasional ke-76 yang begitu meriah, hangat, dan penuh keakraban. Lomba menggiling cabe dan membuat teh telur serta makan bajamba membuat suasana semakin lebih akrab. 14 guru dan pegawai diberikan Sertifikat.

Diranah kesiswaan agar terbentuk karakter dan pribadi yang mandiri Afrizal telah mengadakan  Diklat Peningkatan Kedisiplinan Siswa yang kegiatannya berakhir di Tiger Camp dan itu adalah yang pertama sejak MTsN 1 Padang berdiri.

Taburan prestasi tiada henti sejak November 2021 hingga Januari 2022 baik prestasi guru maupun siswa. bahkan puncaknya dengan mengangkat Trophy Juara Umum lomba HAB Kemenag RI yang sebelumnya telah lebih dahulu sukses membawa trophy Juara Umum Pekan Olahraga Madrasah (POMAD) ke-2 tingkat Kota Padang.

Tak kala penting dengan Humasnya yang tiga kali berturut-turut terbaik 1 hingga Wakil Humasnya di percaya menjadi narasumber Sharing Humas Kemenag RI evisode ke-54 dan satu-satunya Humas madrasah di Indonesia yang menjadi narasumber sejak digagasnya Sharing Humas Itjen Kemenag RI dua tahun yang lalu.

Gaya kepemimpinannya yang terpadu antara tegas, lembut, humoris, humanis, dekat, dan melayani serta gaya bicaranya yang khas membuat lembaga yang memiliki 909 Siswa, 63 guru, dan 14 pegawai itu membuat terasa memilki semangat ganda untuk maju.

Afrizal pernah berucap kesuksesan seorang pemimpin sangat didukung oleh orang-orang yang membantu tugas, dan Ia akui juga bahwa pimpinan tidak ada apa-apanya tanpa dukungan yang solid dari semua Stakholder.

Abah tidak akan sukses tanpa ada Idra Putri Wakur yang begitu piawai, sigap, dan menguasai bidang akademik dan seluk beluk Kurikulum sehingga proses PBM budang akademik telah berjalan menurut mestinya.

Kesuksesan Bidang Akademik tidak terlepas dari kepiawaian dan kecepatan kerja Andre Leo yang bekerja cepat, sigap, dan profesional.

Tanpa ada Hj. Maryani Sastera Waka. Kesiswaan yang begitu mengusai bidang tugasnya, tegas, disiplin, mengayomi, cerdas dalam bertindak telah membuat ranah kesiswaan berjalan dengan baik, berkembang, dan maju dan mewujudkan puluhan prestasi. Dalam menjalankan tugas kesiswaan Hj. Maryani Sastera dibantu oleh Si Adri staff yang sudah sangat faham dengan tugasnya.

Pada ranah fisik Afrizal memiliki Waka. Sarpras yang berpengalaman, punya keterampilan, pekerja keras sehingga kesaranaan tertata rapi dan proses pembangunan berjalan dengan baik. 

Untuk bidang administrasi ada Kaur TU Hj. Harmita dengan staffnya yang melaksnakan tugas sesuai tupoksinya sehingga proses pelayanan bisa berjalan menurut mestinya.

Pengelolaan keuangan yang transparan dikelola oleh Bendahara Hj. Widya Yuti dengan operator keuangan Desi Putri Dewi.

MTsN 1 Padang memiliki guru-guru hebat sebut saja Rusyda Masyhudi penulis Soal AKMI nasional yang juga Fasilitator Daerah, Erina Erlis Penulis yang kaya pengalaman, Penggiat Literasi menjadi Fasilitator Daerah, Sufrizal yang multi talenta, M. Jeki yang profesional di Bidang Sepak Bola yang sudah mengikuti Diklat Pelatih ber Lisensi B Asia, di Bidang Seni ada Riezka Pratami dan Wahyu Prima Nelga, dan hampir semua guru punya kompetensi dan kemampuan diatas rata-rata.

Untuk Perpustakaan MTsN 1 Padang tiga bulan belakangan telah melakukan moderasi besar-besaran dan seiring dengan datangnya tenaga profesional Lisa Novia. Standar Pelayanan telah dirancang dengan istilah PASTI.

Rasanya sudah lengkap dan terpenuhi semua aspek yang dibutuhkan dalam sebuah lembaga pendidikan tinggal lagi melakukan inovasi disemua lini untuk mengadapi tantangan pembelajaran di era digital dan itu terjawab dengan Bimtek Pembelajaran ICT untuk menjawab tantangan pembelajaran di era digitalisasi.

(Humas MTsN 1 Padang Dafril TB)