Berita

-

Kamis, 28 Sepember 2023 Operator 232

Wujudkan Transformasi Pendidikan, Kamad Isrizal Lakukan Supervisi Akademik


Padang, Humas- Guna mewujudkan transformasi pendidikan, pembelajaran yang bermutu, menarik, menyenangkan, dan menantang, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang, Isrizal lakukan Supervisi Akademik terhadap guru Bidang Studi Ainun Yenida (SBK) dikelas VIII.4, Selasa, (27/09/23).


Supervisi Akademik merupakan salah satu tugas pokok Kepala Madrasah, masuk dalam kalender pendidikan dan minimal dilakukan satu kali dalam satu semester.


Untuk semester ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024 program Supervisi telah dipersiapkan secara matang oleh Wakil Kurikulum Idra Putri dan staff. Sebanyak enam puluh empat guru akan di Supervisi oleh Kepala Madrasah, Isrizal dibantu oleh tiga Waka yaitu Idra Putri, Hj. Maryani Sastera, Suhelri, dan guru senior dalam rentang waktu September-Oktober 2023.


Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal mengatakan bahwa, tujuan dan manfaat Supervisi itu minimal ada enam. pertama, Membina guru untuk lebih memahami tujuan pendidikan yang sebenarnya dan peranan madrasah mencapai dalam tujuan.


Kedua, Memperkuat kesanggupan guru untuk mempersiapkan peserta didiknya menjadi cerdas dan berwawasan.


Ketiga, Membantu guru mengadakan diagnosis secara kritis terhadap aktivitas-aktivitasnya dan kesulitan mengajar belajar.


Keempat, Meningkatkan kesadaran guru serta warga madrasah lainnya terhadap tata kerja yang demokratis dan kooperatif.


Kelima, Membantu guru untuk dapat mengevaluasi aktivitasnya dalam konteks tujuan aktivitas perkembangan peserta didik. 


Dan yang keenam, Mengembangkan ‘esprit de corps’ guru, yaitu adanya rasa kesatuan dan persatuan antar sesama guru.


"Supervisi sangat penting dilakukan untuk meningkatkan komunikasi satu sama lainnya saling mengawasi di dalam suatu manajemen," jelas Isrizal mengakhiri.

(DTB)