Berita

-

Selasa, 26 Juli 2022 Operator 483

Wakahumas MTsN 1 Padang Dafril Tuanku Bandaro Ikuti Sosialisasi Waqaf


Padang, Humas)- Kepala MTsN 1 kota Padang yang diwakili oleh Dafril, Tuanku Bandaro selaku wakil kepala Bidang Kehumasan mengikuti sosialisai waqaf yang digelar oleh pengurus Badan Waqaf Indonesia (BWI) perwakilan kota Padang, di aula Saili Tamin Kantor Kementerian agama kota Padang, Senin (25/07/22).


Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama kota Padang H. Edy Oktafiandi, Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Zulfahmi, Kepala Seksi Bimas Islam Aris Junaidi, Kepala Seksi Zakat dan Waqaf Farhan Furqani yang juga sekretaris BWI, ketua BWI perwakilan Padang H. Syamsul Bahri, Jepala Kantor Urusan Agama kecamatan se-kota Padang, Kepala Madrasah yang secara umum diwakili oleh Wakahumas dan Kaur TU, dan penyuluh agama se-kota Padang.

 

Acara ini dibuka langsung oleh Kakankenag kota Padang, H. Edy Oktafiandi. Dalam sambutannya Edy Oktafiandi mengatakan bahwa program waqaf ini terlahir dari rahimnya Kementerian Agama melalui perjuangan panjang maka beban moral bagi ASN kemenag untuk mensosialisasikan dan mengembangkannya kepada masyarakat. Potensi waqaf dan manfaatnya jauh lebih dahsyat dari pada zakat. Waqaf ini apabila dikelola dengan profesional dan proporsional maka akan menjadi potensi besar dalam pengembangan dan mensejahterakan ekonomi ummat Islam.


“Waqaf lebih fleksibel dari pada zakat. Bila zakat harus ada nisabnya dan haulnya sedangkan waqaf tidak terkait masalah waktu dan takaran wajibnya. Siapapun boleh berwaqaf tergantung kemauan masaing-masing.  Bila ini terwujud maka akan bisa mengembangkan potensi ekonomi ummat. Alhamdullllah semenjak dicanangkannya pada 1 Muharram 1443 yang lalu pengurus BWI sudah bekerja dan berinovasi, dan sudah terkumpul waqaf uang sebesar 35 Juta,”jelas Edy yang juga ahlinya kaligrafi.


Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ketua BWI Perwakilan Sumatera Barat, H. Japeri Jarab, yang berbicara tentang waqaf secara keseluruhan. Dan ketua BWI perwakilan kota Padang H. Syamsul Bahri yang menyajikan materi tentang sejarah dan yuridis formal waqaf yang Undang-undangnya lahir tahun 2004 dengan perjuangan para tokoh Kemenag RI dan hingga dicanangkanya oleh Presiden.


Wakahumas MTsN 1 kota Padang Dafril mengatakan bahwa Ia bersyukur atas adanya kegiatan sosialisasi ini yang telah menambah khazanah keilmuan dan wawasan tentang waqaf dan tatacara pengelolaannya. Dafril berharap potensi waqaf yang amat besar ini bisa tergali dan terealisasi dengan baik untuk menopang ekonomi ummat dan melepaskan dari jeratan rentenir.


(Tim Humas MTsN 1 Padang Febraningsih)