Berita

-

Rabu, 23 November 2022 Operator 392

Siapkan Guru Hebat, Kepala MTsN 1 Padang Isrizal Nilai Cara Mengajar Guru Muda UNP


Padang Humas-Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang, Isrizal lakukan penilaian praktik mengajar guru muda, Bella Zahra Maharani dari Universitas Negeri Padang (UNP) jurusan Matematika di ruang kelas IX.2 Selasa, (22/11/22)


Proses ujian praktik mengajar ini telah disiapkan secara matang oleh Wakil Kurikulum Idra Putri yang juga ketua pamong. Ujian ini dilakukan setelah hampir satu semester guru muda melaksanakan Praktik Lapangan (PL) di MTsN 1 Kota Padang dan menimba ilmu dari guru pamongnya, Firmayati.


Kepala MTsN 1 Kota Padang, Isrizal mengatakan bahwa Ujian praktik mengajar guru muda ini bertujuan untuk mengukur/ melihat sejauh mana pemahaman guru muda dalam pembelajaran di kelas selama ini.

“Dengan penilaian ini yang disaksikan oleh guru pamong dan Kepala Madrasah sebagai tim penguji. Maka diharapkan ilmu/ bimbingan yang telah diberikan pamong selama ini bisa diaplikasikan dengan baik saat merencanakan, menyajikan, dan mengevaluasi pembelajaran” ulas Kamad.


“Kata Isrizal penilaian ini dilakukan untuk menyiapkan guru hebat masa depan. Karena guru yang hebat itu mampu nenyajikan pembelajaran yang hebat untuk mewujudkan generasi hebat.


“Mutu pembelajaran merupakan salah satu hasil dari eksistensi seorang guru. Dewasa ini, peran seorang guru tidak sekadar hadir untuk menyampaikan pelajaran dan kemudian kembali ke ruangan melaksanakan kegiatan administrasi atau kegiatan lain. Namun, para guru diharapkan untuk mengambil peran yang lebih luas dari sebelumnya Kinerja guru adalah manifestasi dari kemampuan guru untuk merencanakan, mengimplementasikan atau melaksanakan, dan menilai hasil belajar siswa” Ujar Isrizal.


“Kehebatan guru berkaitan dengan kualitas, kuantitas dan keandalan yang dimiliki guru dalam melaksanakan tugasnya. Guru yang hebat dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Kehebatan guru adalah salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan peserta didik” terang Isrizal.


Isrizal, berharap dengan ujian praktik mengajar ini guru muda bisa mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di kampus dan menselaraskannya dengan fakta di ruang kelas.6


(DTB)