Berita

-

Senin, 22 Mei 2023 Operator 315

Isrizal : Bimtek IKM MTsN 1 Padang Bermutu dan Menjawab Tantangan Era Transformasi Digital


Padang, Humas--Tahun pelajaran 2023/2024 mau tidak mau Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sudah harus action dan akan berproses. Maka diperlukan kesiapan semua pelaku pendidikan di madrasah untuk menyiapkan kelengkapan perangkat mengajar yang sesuai dengan perkembangan saat ini.


Hal itulah yang ditegaskan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padang, Isrizal saat menutup Bimtek Impelentasi Kurikulum Merdeka (IKM) MTsN 1 Padang, di Hotel Hayam Wuruk (HW), Sabtu, (20/05/2023).


Isrizal, mengatakan bahwa, Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang telah digelar MTsN 1 Padang selama dua hari penuh, Jum'at dan Sabtu, 19-20 Mei 2023 sangat bermutu dan telah menjawab tantangan Era transformasi digital, yang merupakan satu dari tujuh kebijakan utama Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.


Isrizal, mengutip sambutan Mas Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas saat Upacara Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag RI ke-77 (03/01/2023). "Transformasi digital di Kementerian Agama sebagai keharusan. Meminjam terminologi agama sebagai "fardlu 'ain", tidak ada tawar menawar. Kenapa? Selain kita hidup di era serba teknologi, Kementerian Agama adalah satu-satunya instansi pemerintah yang menjadi referensi paling penting bagi seluruh warga bangsa. Setiap WNI pasti memerlukan Kementerian Agama,"ucap Isrizal menirukan.


Hal itu tercermin dari materi yang dipaparkan oleh dua Narasumber berkelas nasional, Dr. Gantino Habibi dan Dr. Ikhwansyah.


"Kedua narasumber hebat itu telah mengupas dan menyajikan secara terang, sistematis, terstruktur dan rinci tentang materi Kurmer. Mulai dari pengertian Kurmer, regulasi, Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajan (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), Projec Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). 


P5 Rahmatal lil'alamiin, muatan kurikulum, struktur kurikulum, penyusunan modul ajar projec yang dilengkapi teori dan praktek. 


"Tujuh puluh empat peserta Bimtek menyatakan puas dengan penyajian materi oleh narasumber, menambah wawasan dan pengetahuan mereka tentang kurikulum baru yang akan mulai di implementasikan pada awal semester baru nanti," ucap Isrizal 


Kamad Isrizal, menegaskan bahwa, awal tahun pelajaran baru tahun 2023/2024 besok kita sudah action, dan semua perangkat yang dibutuhkan sudah harus ready sebelum awal semester ganjil dimulai. 


"Maka diminta kepada semua stakholder yang ada untuk dapat bekerjasama, bersinergi, membentuk teamwork, saling mengisi dan saling melengkapi satu sama lain sehingga IKM dapat berjalan dengan baik" pesan Isrizal yang hobby seni itu.


Isrizal juga berpesan agar para pendidik mampu mengikuti, perkembangan dan kemajuan zaman. Guru diera transformasi digital harus mampu melahirkan konten-konten pembelajaran yang terbaik. Dan

jadilah guru yang akrab dengan era transformasi digital dan mampu menjawab tantangan diera ini.


"Atas nama pimpinan  madrasah saya, mengucapkan terima kasih kepada narasumber yang telah menyajikan materi secara profesional. Terima kasih kepada panitia Bimtek yang sudah bertungkus lumus dan bekerja keras tanpa kenal lelah menyiapkan kegiatan ini. Dan terima kasih kepada semua  peserta yang telah berpartisipasi dalam mengikuti Bimtek IKM," ujar Isrizal.


Sementara itu ketua panitia yang juga Wakil Kurikulum, Idra Putri menambahkan bahwa, hasil dari Bimtek yang telah dipelajari dua hari ini akan diwujudkan secara riil dilapangan, akan di praktekkan secara nyata dalam merancang, proses, dan evaluasi pembelajaran diruang kelas serta tersaji pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik, dan akan tertuang dalam perangkat pembelajaran.


Diakhir kegiatan ketua panitia, Idra

Putri mengumumkan nama-nama peserta terbaik yakni, Rusyda Masyhudi dan Andre Leo.Keduanya diberikan reward oleh Kepala Madrasah, Isrizal dalam bentuk bingkisan sebagai motivasi dan penyemangat 


Keduanya dinobatkan sebagai peserta terbaik berdasarkan hasil pantauan dan pengamatan panitia dari awal hingga akhir kegiatan, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan panitia.

(DTB)