Berita

-

Senin, 20 Maret 2023 Operator 353

Kamad Isrizal Spiriti Peserta Pelatihan Publik Speaker dan Host


Padang, Humas— Berbicara di depan umum bukanlah hal yang mudah dan seringkali dianggap remeh. Padahal untuk bisa mempunyai kemampuan tersebut dibutuhkan latihan dan proses yang tidak singkat. Dengan kemampuan berbicara di depan umum orang akan bisa berkomunikasi dengan berbicara dengan lancar, menarik dan tepat sasaran.


Untuk menghadapi tantangan tersebut, Bidang Kehumasan MTsN 1 Padang  menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Public Speaking, Presenter dan Host  Tahun 2023″ Senin (20/03/2023) bertempat di ruang kelas IX.3, Jl. Adinegoro No.05 Lubuk Buaya, Koto Tangah, Padang.


Tak tanggung-tanggung MTsN 1 Padang hadirkan dua Narasumber hebat, pertama, Dr. Desri Nora Dosen Universitas Negeri Padang (UNP) dan  Host Radio 102.6  Padang FM. Dan Febraningsih, S.H. M.Pd Presenter dan Host hebat  Channel Youtube MTsN 1 Padang TV.


Kegiatan yang baru pertama kali digelar selama madrasah ini berdiri itu, diikuti sebanyak 19 orang peserta.


Peserta kegiatan ini terdiri dari pengurus pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dan beberapa siswa yang berminat. Acara berlangsung dengan lancar, meriah, dan para peserta antusias mengikuti dan menyimak setiap materi yang disajikan.


Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal memberikan spirit dan mengapresiasi serta memotivasi peserta pelatihan Public Speaking dan Host untuk bersemangat mengikuti kegiatan yang penuh gengsih itu.


"Kalian adalah pilihan terbaik dari MTsN 1 Kota Padang, karena tidak semua siswa mendapatkan kesempatan emas in. dan tidak semua madrasah yang menggelar kegiatan ini. Maka ikutilah pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, timba ilmu dari kedua Narasumber hebat ini yang sengaja dihadirkan untuk melatih ananda," pesan Isrizal.


"MTsN 1 Padang memiliki seorang Febraningsih, Host dan Presenter Padang TV yang hari ini menjadi Hostnya Channel Youtube MTsN 1 Padang TV galilah ilmunya sebagai modal untuk ananda menapaki dunia televisi dan ini Kesempatan  emas untuk ananda semua menimba dan mendapatkan ilmu Presenter dan Host," ajak Isrizal.


Desri Nora memaparkan, sebuah kepercayaan diri atau self confidence mutlak harus dimiliki oleh seorang pembicara atau speaker. Seorang pembicara yang baik hendaknya handal dalam merencanakan, menyusun, serta men-direct materi yang akan disampaikan.


“Sebenarnya berbicara di depan khalayak umum itu menyenangkan, bukan menegangkan. Public Speaking juga bukan sekedar bicara, tapi juga menyampaikan pendapat,” ujar Nora.


Senada dengan Desri Nora, Febraningsih mengatakan bahwa, Seorang pembicara yang baik harus mampu menganalisa dan mengenali karakter audiensnya. Hal ini bisa dilakukan dengan komemperhatikan dari segi usia, gender, serta latar belakang para pendengarnya. Selain itu juga harus memperhatikan intonasi, power, serta pitch.


"Sikap dan gestur tubuh yang baik juga penting dalam menunjang kesuksesan dalam berbicara di depan umum. “Kesuksesan dalam public speaking dapat diukur dari sampainya pesan kepada para pendengarnya,” imbuh Ningsih.


Tampak hadir diawal pelatihan Kaur TU, Humaira Lubis, Wakil Kurikulum, Idra Putri, Wakahumas yang juga ketua panitia, Dafril, Tuanku Bandaro, dan Narasumber Febraningsih.


Penulis : Dia Fitri

Editor    : DTB