Berita

-

Selasa, 22 Agustus 2023 Operator 241

Jadi Pembina Upacara, Wakahumas MTsN 1 Padang Ungkap Rahasia Dibalik Angka 17


Padang, Humas-- Suasana pelaksanan Upacara Bendera di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang, Senin (21/08), masih diwarnai nuansa Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.


Hal itu tersirat dari isi amanat pembina upacara yang disampaikan Dafril, Tuanku Bandaro (guru SKI dan Wakahumas).


Dafril mengungkapkan bahwa Kemerdekaan RI di Proklamirkan oleh sang Proklamator Soekarno-Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945 bertepatan 08 ramadhan 1364 H di Jalan Pengangsaan Timur No.56 Jakarta.


Semangat memproklamirkan kemerdekaan dispiriti oleh Q.S Al-Anfal ayat 9, 17 dan 45. Surat al-Anfal adalah surat ke-8 ayat 9 dimana ayat ini memotivasi orang-orang yang enggan terjun kemedan pertempuran pada perang Badar. Dan spirit inilah yang menggelorakan semangat juang para pemuda Indonesia untuk mendukung Ir. Soekarno memproklamirkan Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945.


"Jika ditengok surat al-Anfal surat ke-8 dan ayat 9 maka jadilah angka 17 dan 17 Agustus itu pula Kemerdekaan RI di proklamirkan ungkap Dafril dengan semangat.

Surat Al-Anfal ayat 9, ayat dan ayat 45 danĀ  ramadhan sangat relevan dengan 17-08-1945," ungkap Dafril yang kerap dipnggil tuanku itu.


"Kemerdekaan RI mustahil akan diraih dengan bermodalkan bambu runcing dan senjata yang terbatas. Tetapi kemerdekaan ini diraih atas berkat rahmat Allah yang maha kuasa dan dengan didorong oleh keinginan yang luhur," ujar Dafril.


Diakhir amanatnya Dafril berpesan agar peserta didiknya menjadi garda terdepan dalam karakter dan alhlak mulia dan menjaga nama baik MTsN 1 Padang dimanapun berada.


Dafril mengapresuasi pelaksana upacara dari kelas IX.3 dibawah bimbingan walikelas Rini Eka Putri yang telah melakukan tugasnya dengan baik dan penuh tanggungjawab sehingga upacara berjalan lancar, tertib dan khidmat.


Nuansa kemerdekaan makin terasa kental dengan jilbab warna merah yang dipakai guru, pegawai dan guru muda yang perempuan. Merah Putih menjadi simbol dan jatidiri bangsa Indonesia.


Tampak hadir pada upacara tersebut, Kepala Madrasah Isrizal, Kaur TU Humaira Lubis, unsur pimpinan Idra Putri, Hj. Maryani Sastera, Suhelri, guru, pegawai dan guru muda Universitas Negeri Padang.

Penulis : Dia Fitri

Editor : DTB