Berita

-

Jumat, 12 Januari 2024 Operator 185

Buah Dari Literasi, Dua Guru MTsN 1 Padang Terima Piagam Penghargaan Bergengsi


Padang--Makin terasah dengan menulis dan buah dari literasi yang telah menjadi menjadi kebiasaan sehari-hari, Dua  guru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang menerima Piagam Penghargaan Kanwil Madrasah Award dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Sumatera Barat.


Penghargaan diterimanya pada acara Tasyakuran Hari Amal Bakti (HAB) Ke-78 Kementerian Agama dan Kanwil Kemenag Award Tahun 2024, di aula Amal Bakti 1, Kamis (11/01/24).


Kedua guru tersebut, Idra Putri (Guru Bahasa Indonesia dan Wakil Kurikulum) dan Dafril (Guru SKI dan Wakahumas) 


Penghargaan ini buah dari kegigihan keduanya dalam menulis, Idra Putri piawai dalam menulis buku dan esai dan Dafril terbiasa dalam menulis berita dalam rangka mengaktualisasikan program madrasah One day One news (satu hari satu berita).


Idra Putri diberikan Piagam Penghargaan sebagai Juara 3 lomba menulis Esai tingkat Nasional yang digelar Pasca Sarjana S.3 UNP Padang pada bulan November 2023 yang lalu. Sedangkan Dafril menerima Piagam Penghargaan sebagai Juara 1 lomba menulis berita tingkat Nasional yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Jurnalis Muslim Indonesia (IJMI) pada Desember 2023.


Dua Waka MTsN 1 Padang itu menerima penghargaan bersama 32 orang ASN berprestasi Nasional dan 24 siswa berprestasi Internasional se Sumatera Barat.


Penghargaan diserahkan langsung Kakanwil  Kemenag Sumbar, H. Mahyudin didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Hendri Pani Dias.


Kakanwil H. Mahyudin dalam arahannya mengatakan bahwa, Patut kita syukuri apa yang telah diraih hari ini. Dan berharaplah kepada yang maha kuasa agar semuanya menjadi amal ibadah disisinya. Kakanwil berpesan agar semua ASN untuk terus meningkatkan kinerja, wujudkan pelayanan umat yang prima, santun, pelayanan cepat dan tepat sehingga terwujud tema HAB Kemenag ke-78 "Indonesia Hebat Bersama Umat"


Dua penulis itu mendapatkan apresiasi dan ucapan selamat dari Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Mahyudin, Kabid Penmad, H. Hendri Pani Dias, KaKankemenag Kota Padang H. Edy Oktafiandi yang didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Hj. Elnida Oktafiandi.


Edy Oktafiandi memberikan support dan motivasi kepada Idra dan Dafril yang telah mengharumkan nama Kemenag Kota Padang ditingkat nasional dan provinsi. Kakankemenag berpesan teruslah menulis jangan berhenti berkarya. "Ingatlah, setiap penulis pasti memiliki tujuan mulia untuk menuangkan ide dan gagasan untuk dibaca oleh publik. Tujuan awal menjadi penulis ini sangat penting untuk memberikan dorongan dan meningkatkan motivasi menulis. Bertekadlah untuk menjadi penulis yang kuat dan hebat," kata Edy memotivasi.


Sementara itu Kepala MTsN 1 Kota Padang, Isrizal mengaku sangat bersyukur, bahagia dan bangga terhadap kedua Wakanya yang menerima Kanwil Kemenag Award tahun 2024.


"Ini penghargaan pertama sepanjang sejarah MTsN 1 Padang yang ditorehkan Idra dan Dafril. Maka prestasi ini amat layak diapresiasi dan dihargai," ujarnya.


Isrizal berharap prestasi ini akan mampu menginspirasi GTK madrasah di Sumatera Barat dan khususnya GTK MTsN 1 Padang.


"Terima kasih saya ucapkan kepada Idra dan Dafril yang sudah mengharumkan nama MTsN 1 Kota Padang ditingkat nasional. Intensitas gaung dan gema nama MTsN 1 Padang dua bulan belakangan ini sangat tinggi dengan berbagai prestasi dan reputasi dari GTK dan Siswa.


Hadir pada acara Tasyakuran tersebut Kakanwil Kemenag Sumbar bersama Ketua DWP, Sesepuh Kakanwil, Ketua Badan Waqaf Indonesia perwakilan Provinsi, Kabag TU, Kabid, Pejabat dilingkungan kanwil, Kakankemenag kabupeten/kota beserta istri, ASN berprestasi tingkat nasional dan siswa berprestasi tingkat internasional.

Dia Fitri