Berita

-

Senin, 11 Sepember 2023 Operator 497

Tiga Tim Penyusun Modul P5PPRA MTsN 1 Padang Gelar Presentasi


Padang, Humas--Tiga Tim penyusun Modul  P5PPRA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin) Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang gelar presentasi Modul Projek yang sudah disusun, di salah satu Ruangan Kelas Baru (RKB), Kamis (07/09/23)


Ketiga Tim tersebut yaitu, Tim 1 dikoordinatori Rini Eka Putri mempresentasikan Projek Hidup berkelanjutan, Tim 2 dikoordinatori Novi Yarli mempresentasikan Projek Kewirausahaan, dan Tim 3 yang dikoordinatori Muhammad Haris Anshory mempresentasikan Projek Bangun Jiwa Raga.


Kegiatan presentasi dipimpin Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Idra Putri, dipandu dan diarahkan oleh Narasumber Novi Yarli dan diikuti oleh semua anggota dari ketiga tim yang ada. 


Masing-masing Koordinator Tim menjelaskan proses terkait tahapan pembuatan modul P5PPRA, mulai dari menentukan tema, topik projek, profil, dimensi, elemen, sub elemen dan capaian akhir fase, hingga menjadi sebuah modul projek yang hari ini di presentasikan.


Masing-masing Koordinator mempresentasikan hasil kerja Tim dengan gamblang tentang P5 dan PPRA. Ketiga modul projek itu dibahas secara detail dan dipriteli satu persatu secara bersama untuk dilakukan revisi dan penyempurnaan.


Wakil Kurikulum, Idra Putri mengatakan, Dengan adanya Modul Ajar Project penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin (P5PPRA) Kurikulum Merdeka terbaru 2023 ini diharapkan dapat dijadikan rujukan serta referensi bagi guru dalam pelaksanaannya kepada peserta didik.


Kata Idra Modul projek P5 pada setiap fase merujuk padah buku Kemenristek Nomor 009/H/KR/2022 tentang Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila.


Kepala MTsN 1 Kota Padang, Isrizal mengapresiasi hasil kerja tim yang berkolaborasi dalam menghasilkan modul. Ia berharap kegiatan ini akan memperkuat daya dukung dalam pelaksanaan projek P5PPRA pada tahun pelajaran 2023/2024. "Semua pendidik agar bisa berkolaborasi untuk melaksanakan seluruh tahapan P5PPRA sebagai salah satu bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di MTsN 1 Padang agar dapat terlaksana dengan maksimal," ucap Isrizal.


Isrizal menambahkan, Project Profil Pancasila dan Rahmatan Lil ‘Alamin ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan diri pada ranah ini. Selain itu juga untuk membentuk Karakter peduli yang disinergikan dengan kemampuan berpikir kreatif yang diwujudkan dengan berbuat, berkarya, dan berubah bersama berkolaborasi dengan sumber daya yang ada di lingkungan sekitar peserta didik.


Sementara itu Novi Yarli selaku Narasumber yang juga Koordinator Tim 2 mengatakan bahwa, Disamping penentuan tujuan sesuai dimensi yang diharapkan dari setiap tema projek yang diusung, bentuk kegiatan yang ada pada tiap alur aktifitas haruslah bersifat holistik, mengingat projek ini bukanlah mengusung 1, 2, atau 3 mata pelajaran.


Novi berharap bentuk kegiatan pada masing-masing alur aktifitas dapat mengakomodir peserta didik mencapai profil pelajar pancasila yang digambarkan dalam capaian setiap elemen ataupun sub elemen dalam sebuah dimensi yang menjadi tujuan projek.


Kata Novi, P5PPRA adalah kegiatan kokurikuler wajib dalam IKM. Dalam IKM ada 3 kegiatan, yaitu intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler berupa P5PPRA.


Novi juga memberikan koreksi dan perbaikan dari ketiga modul projek yang dipresentasikan guna penyempurnaan disana sini sebelum action dilakukan.

(DTB)