Berita

-

Jumat, 9 Desember 2022 Operator 403

Penilaian Akhir Semester, Urgensi, Manfaat, dan Tips Suksesnya


Oleh : Isrizal, M.Pd

Kepala MTsN 1 Padang


Hari ini Rabu, (08/12/22) sudah hari keempat pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang. Selaku penanggungjawab pendidikan penulis ingin berbagi dengan guru dan siswa tentang Urgensi, Manfaat, dan Tips Sukses PAS.


PAS adalah penilaian kinerja dan belajar siswa selama satu semester. PAS biasanya dilaksanakan pada pekan ke-15 atau ke-16 atau Minggu pertama dan kedua di bulan Desember.


Materi yang diujikan mengenai kompetensi dasar. Selain itu, PAS memiliki beberapa fungsi dan tujuan. Proses penilaian hasil belajar ini sebetulnya sama seperti yang dulu dikenal sebagai ulangan  semester. Hal tersebut sudah tertera pada documen kurikulum madrasah yang disusun oleh bagian akademik.


Adapun tujuan dan fungsi PAS yaitu, untuk mengukur sejauh mana capaian pembelajaran serta penilaian satu  semester yang berguna untuk :

1. Mengetahui apakah materi yang sudah diberikan oleh guru setiap mata pelajaran selama satu semester berlangsung pada kegiatan belajar mengajar sudah dipahami siswa dengan baik atau belum.


2. Mempertanggung jawabkan penyelenggaraan pendidikan. Sarana membangun motivasi untuk belajar lebih giat lagi.


3. Selain itu, Bentuk evaluasi untuk mengetahui capaian siswa tentunya berfungsi sebagai pendorong peningkatan mutu dan kualitas belajar.


4. Sebagai alat pengendali mutu pendidikan secara umum


Tips Sukses Penilaian Akhir Semester (PAS)

mungkin siswa baca-baca hal teknis seperti di atas. Sepertinya siswa tuh lebih suka bukan sekadar bahas apa itu PAS, tapi lebih ke tips belajar, terus latihan soal.


Jauh dari itu Penulis juga ingin berbagi Tips sukses PAS diantaranya,

1. Belajar yang rutin,

namanya juga menghadapi ulangan akhir semester, hal utama sebagai pelajar yang harus dilakukan adalah belajar. Biar persiapan Ujian Akhir Semester siswa makin optimal. Siswa  bisa meningkatkan fundamental skill di madrasah.


Tujuannya, biar siswa nggak cuma bisa mengerjakan soal-soal ujian, tetapi juga paham konsep materi sampai ke akar-akarnya. 


2. Tentukan skala prioritas materi yang belum siswa mengerti ke materi yang sudah benar-benar dikuasai. Tentukan juga dalam satu hari siswa mau belajar materi apa aja sesuai dengan skala prioritas tadi.


3. Kurangi bermain,

alangkah baiknya menjelang Penilaian Akhir Semester aktivitas bermain game online ditinggalkan seutuhnya.


4. Siswa  harus  fokus dulu ke PAS  dan memperbanyak waktu belajar. Karena keseringan bermain game ini ternyata mengurangi produktivitas kinerja otak untuk lebih fokus.


5. Jaga Kesehatan,

Poin ini tidak kalah pentingnya dengan tips menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) yang lain. Sayang rasanya, sudah susah-susah belajar, eh siswa malah sakit di hari H. Maka dari itu, usahakan tidak memforsir diri saat belajar. 


"Belajar tekun dan telaten sih memang perlu, akan tetapi siswa harus tahu kalau sudah merasa lelah dan jenuh, tidak ada salahnya buat bersantai sejenak sembari beristirahat. Kalau siswa terlalu memforsir diri, justru bakal makin sulit mengingat materi pelajaran.


Selain istirahat yang cukup, siswa juga perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan minum air putih yang banyak. Kalau perlu, siswa juga bisa mengkonsumsi suplemen dan vitamin penunjang agar kondisi tubuh makin fit menjelang penilaian akhir semester. 


6. Perbanyak latihan soal pamungkas yang nggak boleh sepelekan. Dengan memperbanyak latihan soal, punya banyak referensi dan variasi soal-soal ujian, termasuk ujian Penilaian Akhir Semester (PAS).