Berita

-

Minggu, 9 Juli 2023 Operator 224

Enam Siswa Terbaik MTsN 1 Padang Ikuti KSM 2023


Padang, Humas–Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun semangat kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. Di tahun 2023 ini kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM)  tetap dilaksanakan dengan menggunakan skema Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dengan sistem ICT secara bertingkat mulai dari tingkat satuan pendidikan, tingkat kota, provinsi dan tingkat nasional.


Sebanyak enam orang duta Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang ikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kota Padang tahun 2023, di gedung MAN 2 Kota Padang, Ahad, (09/07/2023).


Keenam duta tersebut yaitu, Anezka Dzikra Poeti Riani dan Muhammad Attar Dzaky (Matematika Terintegrasi). 

Hafizh De Irza dan Agusti Dwi Syahrani (IPA terpadu terintegrasi) 

Widia Adhani dan Aerin Ramadhani (IPS terpadu terintegrasi).


Masing-masing bidang study didampingi oleh oleh orang guru pendamping, Matematika Rusyda Masyhudi, IPA Yaharmansyah, dan IPS  Wilza Syarif dan Aziarni.


Kompetisi yang sarat gengsi itu dibagi menjadi tiga sesi. Sesi 1 Matematika terintegrasi pukul 07.30-09.30 WIB. Sesi 2 IPA terpadu terintegrasi pukul 10.00-12.00 WIB. Dan sesi 3 IPS terpadu terintegrasi pukul 12.30-14.30 WIB.


Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal memberikan memotivasi dan spirit  kepada enam siswanya yang terpilih sebagai duta MTsN 1 Padang pada KSM tahun 2023 yang berkompetisi bersama MTs dan SMP se Kota Padang.


"Mulailah dengan basmalah, tuluskan niatnya, melangkahlah dengan motivasi ilmu, berjuanglah tanpa beban,  teliti dalam memahami teknis IT, cermat dalam memahami petunjuk pelaksanaan, baca, fahami, dan hayati redaksi soal, dan pastikan semua soal terjawab dan terisi dengan sempurna,” pesan Isrizal.


Isrizal berharap keenam dutanya mampu menyelesaikan dan menjawab semua butir-butir soal KSM dan bisa meraih prestasi gemilang gemilang, melaju ke provinsi demi MTsN 1 Padang.


”KSM merupakan helatan akbar dan Iconnya Kementerian Agama di Bidang Akademik yang terstruktur dan berjenjang dari tingkat satker, kota, provinsi hingga nasional. KSM juga ajang uji kompetensi bagi siswa dan evaluasi mutu bagi madrasah,” ulas Isrizal.


Isrizal berterima kasih kepada Wakasis Hj. Maryani Sastera dan Wakakur Idra Putri yang telah menyiapkan dan menfasilitasi kegiatan KSM dengan terencana dan matang.


Kamad Isrizal juga berterima kasih kepada KKG Matematika, Firmayati, Sufrizal, Rusyda Masyhudi, Hj. Nelwati, Mai Herawati, Nurjamilah, dan Andre Leo.

KKG IPA, Rachmatina, Alfitriya, Ausah, Linda Yusra, Rini Eka Putri, Yaharmansyah, dan Novi Yarli.

Dan KKG IPS, Asmawati, Eliyati, Wilza Syarif, dan Heriyanti. Serta seluruh stakholder yang telah ikut berpartisipasi dalam menyiapkan peserta KSM.


"Ketiga KKG ini telah bersinergi dalam melatih dan membimbing peserta sesuai bidangnya. Semoga dedikasi dan karyanya akan berbuah manis dengan meraih yang terbaik pada ajang kompetisi penuh gengsi ini hingga menuju Kendari," harap Isrizal.


Sementara itu Rusyda Masyhudi perwakilan dari guru pelatih mengatakan, pihaknya sudah berusaha maksimal, sudah melakukan yang terbaik, dan berharap yang terbaik. "Namun apapun hasilnya kita tunggu dan kita terima. Sukses atau tidaknya menorehkan prestasi yang pasti ini sudah menjadi pengalaman dan ilmu paling berharga bagi peserta," ucap Rusyda.

 (DTB)