Berita

-

Senin, 31 Oktober 2022 Operator 433

MTsN 1 Padang Gelar Pemilu OSIM Periode 2022-2023

Padang, Humas-Hampir dua minggu proses demokrasi berlangsung di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang. Suasana demokrasi itu cukup dirasakan seribuan warga madrasah.

Senin, (31/10/22) sampailah pada puncak Pemilu yakni, seribuan warga madrasah menggunakan hak suaranya memilih Ketua dan Wakil Ketua OSIM periode 2022-2023.

Pemilihan dilakukan secara Langsung Umum Bebas dan Rahasia (LUBER) layaknya demokrasi nasional. Partisipasi warga madrasah dalam menyalurkan hak suaranya sangat tinggi yakni mencapai 100%.

Pemilih diberikan hak memilih satu dari tiga calon Ketua dan Wakil Ketua OSIM yang ikut kontestasi demokrasi tertinggi di madrasah.

Kepala Madrasah Isrizal bersama unsur pimpinan, guru dan pegawai ikut memberikan hak suaranya memilih satu diantara tiga calon yang bertarung menuju kursi nomor 1 dan nomor 2 kepengurusan OSIM periode 2022-2023.

Berikut nama-nama calon yang ikut berkontestasi, Nomor urut 1 Azzahra Driza Asyifa Fitri dan Khesya Nasyira Putri. Nomor urut 2 Maulizar Yori Mardanis. Nomor urut 3 Hafiz Khairul Amri dan Viona Nur Islami.

Semua proses Pemilu ini dikoordinir langsung oleh Wakasis Hj. Maryani Sastera dan pembina OSIM Rahimi Ikhwani dibantu pengurus OSIM periode 2021-2022.

Alur dan proses pemilihan langsung dimulai dengan pendaftaran pemilih dengan identitas dimeja panitia, panitia memanggil pemilih satu persatu untuk menuju bilik suara, pemilih mencoblos calon pilihan hatinya.

Kemudian memasukkan surat suara kedalam kotak yang telah disediakan, dan men celupkan jarinya ke tinta sebagai bukti telah memberikan suaranya.

Kepala MTsN 1 Kota Padang Isrizal mengatakan bahwa proses demokrasi yang dilakukan hari ini telah memberikan edukasi dan nilai-nikai pendidikan politik kepada siswa sejak dini.

"Pengalaman hari ini akan menjadi modal besar dimasa datang, karena generasi hari ini pemimpin dimasa datang" ungkap Isrizal.

Sementara itu Wakasis Hj. Maryani Sastera berharap kepada pasangan yang terpilih nantinya untuk bisa merangkul calon yang tidak terpilih beserta semua siswa untuk bersama-sama memajukan OSIM.

"Jalankanlah nanti program yang telah disampaikan saat kampanye dan debat terbuka secara maksimal, jalin komunikasi, koordinasi, kolaborasi, dan sinergitas untuk menuju OSIM yang maju.
" ujar Hj. Sas dengan semangat ganda.
(Humas MTsN 1 Padang DTB)