Berita

-

Minggu, 31 Juli 2022 Operator 409

Bentuk Karakter Kedisplinan Siswa MTsN 1 Padang Giatkan Ekskul Pramuka


Padang Humas- Pembentukan karakter siswa menjadi perioritas utama bagi sebuah lembaga pendidikan. Karena karakter berfungsi sebagai alat kontrol bagi perilaku seseorang. Dan untuk menciptakan generasi berkarakter kemandirian, kuat, dan kokoh perlu adanya sebuah proses dan salah satu prosesnya adalah kegiatan Pramuka.


Hal itulah yang digiatkan oleh MTsN 1 Padang dan telah dimulai pada minggu pertama Proses Belajar Mengajar (PBM) semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023,  dihalaman madrasah, Sabtu (23/07/22).


Ekskul pramuka akan rutin dilaksankan setiap Sabtu pagi pukul 07.00-09.00 WIB yang dibawahi langsung oleh Wakasis Hj. Maryani Sastera. Ekstrakurikuler Pramuka dibina dan dilatih oleh empat pembina yang sudah memiliki lisensi kepelatihan yakni Maison Eka Putra dan Toni Andriko sebagai pembina putra, Febraningsih dan Nurjamilah pembina yang putri.


Latihan dimulai dari dasar kepramukaan, PBB, kedisplinan, kerapian, kekompakan, ketangkasan, kecakapan, dan keterampilan hingga mahir ungkap Maison Eka Putra yang didampingi oleh Toni, Febra, dan Milah.


Kepala MTsN 1 Padang Idra Putri mengatakan bahwa Pramuka memiliki 8 manfaat yaitu, mendidik berkomunikasi dan bekerjasama, meningkatkan kedisplinan, bertanggung jawab, belajar mandiri, berfikir kreatif, dan melatih jiwa kepemimpinan.


Idra yang merupakan Fasprov itu menambahkan, dengan banyaknya manfaat positif dari kegiatan pramuka tersebutlah, maka siswa kls VII sebagai basis cikal bakal yang akan mengikuti dan melanjutkan estafet ke pramukaan di MTsN 1 kota Padang perlu dibentengi sejak dini, apalagi pramuka menjadi salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi siswa  jenjang sekolah menengah.


Dengan rutin ikut kegiatan kepramukaan diharapkan karakter kemandirian dan disiplin siswa bisa terbentuk, apalagi dibawah binaan kakak pembina hebat yang ilmunya sudah mumpuni di organisasi pramuka tingkat provinsi Sumatera Barat imbuh Idra mengakhiri.


(Humas MTsN 1 Padang Dafril TB)