Berita

-

Rabu, 28 Desember 2022 Operator 356

Jaga Kesehatan Fisik, MTsN 1 Padang Gelar Senam Pagi dan Makan Bubur Kacau Hijau Bersama


Padang, Humas- Guna menjaga kesehatan dan kebugaran Jasmani guru dan pegawai Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang ikuti Senam pagi dan makan bubur kacang hijau bersama di aula serbaguna, Rabu (28/12/22).


Kegiatan Senam dipimpin langsung Kepala Madrasah Isrizal, didampingi Kaur TU Humaira Lubis, unsur pimpinan, Hj. Marayani Sastera, Suhelri dan Dafril, Tuanku Bandaro. Dan diikuti puluhan guru dan pegawai.


Senam dipandu oleh dua Instruktur hebat dan berpengalaman, Tidi Nadila Putri Islami dan Nabila Wilson.


Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal mengatakan bahwa, Gerakan senam pagi yang dinamis dan ritmis, secara tidak langsung ikut memompa hormon adrenalin di dalam tubuh. Pada prosesnya, badan terasa lebih energik untuk beraktivitas setelahnya.


Kata Isrizal, setidaknya ada 7 manfaat Senam pagi. 1 Memelihara kebugaran fisik agar lebih prima.


2. Meningkatkan Fungsi Jantung

Senam aerobik, termasuk di dalamnya yaitu senam pagi dapat meningkatkan asupan oksigen di dalam tubuh dan memperlancar detak jantung. Sehingga, orang yang rutin melakukannya memiliki kondisi tubuh yang sehat dan terjaga.


3. Menguatkan Sendi dan Tulang

Menyeimbangkan sel osteoblas dan osteoklas begitu penting untuk menjaga kesehatan tulang. Osteoblas berperan dalam membentuk tulang sejati serta jaringan ikat membran.


4. Menurunkan Berat Badan Tempo dan gerakan pada senam pagi yang dinamis, berperan besar dalam proses pembakaran kalori yang diubah menjadi energi. Jika dilakukan teratur, aktivitas senam ini berpotensi membantu menurunkan berat badan.


5. Menghambat Penuaan

Darah mengangkut oksigen dan nutrisi yang diperlukan ke setiap jaringan tubuh. Karena itu, ketika sistem peredaran darah dalam kondisi baik, semua anggota tubuh mendapat suplai kedua komponen ini secara menyeluruh. 


6. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stres

Bukan rahasia umum kalau olahraga yang menyenangkan akan meningkatkan mood. Sehingga, kondisi tubuh jadi lebih segar untuk beraktivitas.


7. Memperkuat Daya Ingat Penyebaran oksigen secara menyeluruh ke jaringan tubuh, dinilai mampu menakkan fungsi otak dan memperkuat daya ingat.


"Senam pagi diketahui bisa menjaga asupan oksigen ke otak lewat gerakan fisik dinamis. Bila kebutuhan oksigen ini terpenuhi, maka hasilnya fungsi kognitif juga akan ikut mengalami peningkatkan" ujar Isrizal.


"Hal tersebut sejalan dengan pendapat para ahli, yang menyatakan olahraga seperti senam pagi dapat meningkatkan daya ingat dan juga kapasitas otak. Ketika kesehatan jasmani dengan rohani seimbang maka semangat dan motivasi menyajikan pembelajaran akan meningkat" kata Isrizal mengakhiri.

(DTB)