Berita

-

Selasa, 25 Juli 2023 Operator 408

Isrizal : Bentuk Kedisiplinan Siswa Dengan Kekuatan Shalat Berjama'ah


Padang, Humas-- Kegiatan shalat berjamaah wajib dilaksanakan di madrasah, karena sebagai sarana latihan untuk menjalankan perintah Allah Swt,  juga mendidik siswa untuk menjadi disiplin, baik disiplin dalam belajar maupun disiplin pada tata tertib madrasah.


Hal itu diutarakan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang, Isrizal saat memimpin rapat terbatas membicarakan tentang penguatan program keagamaan dan ibadah, Sabtu, (22/07/23) diruangan kepala madrasah.


Rapat dihadiri Kaur TU Humaira Lubis, unsur pimpinan Idra Putri, Hj. Maryani Sastera, Suhelri, Dafril, Kelompok Kerja Guru (KKG) IPS, KKG PAI dan KKG Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK).


Pelaksana shalat berjamaah dipilih dari siswa mulai dari muazzin,  imam, pemimpin dzikir dan doa yang sudah mampu dan memenuhi syarat untuk itu. 

Sehabis shalat berjamaah dilanjutkan dengan zikir dan doa secara bersama dan dibaca jahar.


Kepala MTsN 1 Kota Padang, Isrizal menekankan pentingnya shalat berjamaah dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam pelaksanaan shalat dzuhur dan asyar  berjamaah yang dilakukan di aula serbaguna, setiap hari. 


"Berjamaah ini wajib dilaksanakan di madrasah, karena sebagai sarana latihan untuk menjalankan perintah Allah Swt, juga mendidik siswa untuk menjadi disiplin, baik disiplin dalam belajar maupun disiplin pada tata tertib madrasah," tegas Isrizal sang motivator itu.


Isrizal menguatkan, Shalat dzuhur dan asyar berjamaah ini menjadi suatu kegiatan yang terus menerus dilakukan diluar jam pelajaran, untuk melatih peserta didik lebih teratur dan terarah dan mendisiplinkan diri dalam menjalankan ibadah. Seharunya menjadikan hal positif bagi peserta didik karena dengan adanya shalat dzuhur dan asyar berjamaah, diharapkan mampu menjadikan peserta didik semakin disiplin dan aktif dan terbentuk akhlakul karimah.


Sementara itu Wakasis Hj. Maryani Sastera mengatakan pada peserta didik bahwa, shalat berjamaah itu mempunyai berbagai keutamaan diantaranya, mendapatkan pahala 27 derajat dibandingkan dengan shalat sendirian dan shalat berjamaah ini juga dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan diantara kaum muslim dan membentuk akhlak yang mulia, ujar Hj. Sas.


"Melaksanakan shalat yang tertib dan teratur, dapat berimbas pada kedisiplinan seseorang dalam melakukan pekerjaan, dan semakin bagus ibadah shalat seseorang, semakin baik pula tingkat kedisiplinannya, sebaliknya semakin ia sering mengabaikan aspek ibadah dan ia juga akan lebih mudah mengabaikan urusan-urusan diluar ibadah," ungkap Hj. Sas. (DTB)