Berita

-

Selasa, 24 Oktober 2023 Operator 259

Isrizal :  Esensi Supervisi Akademik Membantu Guru Dalam Mengembangkan Proses Pembelajaran


Padang, Humas--Inti dari dimensi supervisi akademik adalah dalam rangka membina guru untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran. Sasaran supervisi akademik pelaksanan proses pembelajaran, yang terdiri dari materi pokok dalam proses pembelajaran, penyusunan silabus dan RPP, pemilihan strategi/metode/teknik pembelajaran, penggunaan media dan teknologi informasi dalam pembelajaran, menilai proses dan hasil pembelajaran serta penelitian tindakan kelas.


Hal itulah yang dilakukan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang, Isrizal yang telah melaksanakan Tupoksinya selaku lembaga pendidikan. 


Diawal pertengahan semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 pasca selesainya Penilaian Akhir Semester (PTS) dan Sumatif Tengah Semester (STS) serta pasca pembagian rapor, Isrizal mensupervisi Wida Yenti Muaz (guru Bidang Study IPS) dikelas VIII.11, Selasa (24/10/23) pada jam ke-dan 2.


“Esensi supervisi akademik ini sama sekali bukan untuk menilai unjuk kerja guru dalam proses pembelajaran, melainkan tujuannya untuk membina dan membantu guru dalam  mengembangkan kemampuan profesionalnya”, ujarnya.


Isrizal menambahkan, Supervisi ditekankan pada pembinaan dan peningkatan kemampuan dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan yang ada di madrasah dalam melaksanakan tugas untuk memperoleh pemahaman dan wawasan yang lebih tentang peningkatan mutu kinerja guru dan minat belajar siswa, tambahnya.


Selanjutnya, Peningkatan wawasan dalam menelaah silabus, KD, materi, kegiatan pembelajaran, penilaian, serta bagaimana guru mampu melaksanakan proses KBM sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat dalam perangkat pembelajaran," ujar Isrizal.


Sekedar diketahui bahwa ada beberapa aspek dalam kegiatan supervisi yang dicermati mulai dari perencanaan hingga tindak lanjut Supervisi.


Di penutup kegiatan Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal mengatakan bahwa, Supervisi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh proses administrasi pendidikan yang harus dipenuhi sesuai alurnya.


Dengan demikian, besar harapan kami dengan adanya supervisi  akademik ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi para dewan guru di MTsN 1 Padang serta mampu meningkatkan kemampuan kinerja seluruh dewan guru dalam proses pembelajaran ke depannya, Pungkas Kamad. (DTB)