Berita

-

Kamis, 22 Sepember 2022 Operator 381

Rusyda Masyhudi Bertolak Ke Makassar Ikuti Kegiatan AKMI Nasional


Padang, Humas- Rusyda Masyhudi penulis Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) nasional yang juga guru Matematika MTsN 1 Kota Padang  bertolak Ke Makassar guna mengikuti kegiatan Pengembangan dan Validasi Instrumen  Literasi Numerasi tahap 6 di Claro Hotel Makassar, Jl. A.P. Pettarani No.03 Mannuruki, Kec. Tammalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90221, Kamis-Sabtu, 22 s/d 24 September 2022.


Sebelum berangkat "Rusyda Masyhudi terlebih dahulu dilepas secara resmi oleh Kepala MTsN 1 Kota Padang Isrizal yang didampingi Wakil Kurikulum Idra Putri diruang kerjanya, Rabu, (21/09/22).


Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dengan jadwal dan materi yaitu Kamis, (22/09) Pembukaan,. Overview kegiatan,  Evaluasi pelaksanaan kegiatan penyusunan instrumen secara luring. Jumat (24/09), Evaluasi pelaksanaan kegiatan penyusunan secara luring, Evaluasi kegiatan penyusunan instrumen secara daring, Evaluasi penyusunan instrumen AKMI tahun 2022 (1), Evaluasi proses review dan revisi penyusunan instrumen AKMI tahun 2022 (2), Evaluasi proses review dan revisi penyusunan instrumen AKMI tahun 2022 (1), dan Evaluasi proses review dan revisi penyusunan instrumen AKMI tahun 2022 (2).


Sabtu (24/09), Evaluasi dan diskusi aplikasi penyusunan soal AKMI tahun 2022, Laporan dan rencana tindak lanjut, penutupan.


Isrizal merasa bersyukur dan bangga Rusyda sebagai penyusun AKMI. Menjadi penulis AKMI tidaklah mudah dan bisa ditembus dengan cara yang mudah pula tetap melewati seleksi yang ketat diantara guru-guru hebat lainnya dan sesuai  kapasitas dan kompetensi ilmu yang dimiliki. Selaku pimpinan madrasah memberikan support dan dukungan penuh kepada Rusyda sebagai penyusun AKMI yang berkiprah ditingkat nasional.


Isrizal memberikan tantangan kepada Rusyda untuk bisa menularkan ilmunya kepada teman sejawat khususnya dalam teknik penyusunan/pembuatan Soal baik soal Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS), dan Ujian Akhir Madrasah (UAM).


Isrizal berkeinginan agar peningkatan mutu dan kualitas di ranah Akademik bisa lebih dipacu. Hari ini setiap guru Bidang Studi sangat dituntut mampu melahirkan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). 


Kata Isrizal, Soal HOTS digunakan pada berbagai bentuk penilaian yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut

(1) Transfer satu konsep ke konsep lainnya

(2) Memproses dan menerapkan informasi

(3) Mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda

(4) Menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah, dan (5) Menelaah ide dan informasi secara kritis.


Bak gayung bersambut "Rusyda yang diberikan tantangan oleh Kepala Madrasah bertekad akan memberikan yang terbaik untuk madrasah, komit akan memanfaatkan ruang dan waktu untuk menggali ilmu, meningkatkan kompetensi, kapasitas diri, dan siap berbagi ilmu dengan teman sejawat.


Saat diwawancarai melalui washap tentang Kesan Rusyda selama jadi penulis AKMI Ia mengungkapkan, Kata Rusyda kesan yang terindah setelah dua tahun menjadi penulis AKMI sulit diungkapkan dengan kata-kata. Karena makin diikuti makin terasa dangkalnya ilmu dan pengetahuan yang dimiliki,  selain bertemu dengan petinggi Kemenag RI, para Narasumber yang hampir semuanya sudah Prof dan Doktor punya kompetensi yang tinggi dan teman-teman sesama penulis AKMI yang tak kalah hebatnya. 


Rusyda yang lulus menjadi penyusun AKMI yang kedua kalinya setelah terseleksi dari 5.256 dan melewati lima kali seleksi hingga yang dinyatakan lulus sebanyak 15 orang masing-masing Bidang Literasi (literasi Numerasi, Literasi membaca, literasi Sains dan Literasi sosial budaya).

(Humas MTsN 1 Padang DTB)