Berita

-

Jumat, 19 Januari 2024 Operator 118

Lahirkan Puluhan Literat Hebat, MTsN 1 Padang Raih Dua Juara Menulis Antologi Cerpen


Padang, Humas--Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang terus menggencarkan gerakan literasi. Tiada hari tanpa literasi, terus berkarya, eksis dalam dunia menulis, dan terus mengasah ilmu jurnalistik. 


Buah dari gencarnya gerakan literasi di MTsN 1 Kota Padang telah melahirkan puluhan Literat Hebat dan meraih dua juara pada lomba Menulis Buku Antologi Cerpen antar siswa madrasah se Kota Padang.


Puluhan peserta didik memboyong dua juara yakni, Juara 2 Lomba Menulis Buku Antologi Cerpen dengan judul "Laut Biru Jadi Saksi" karya dari 15  orang siswa kelas VII, VIII dan IX yang tergabung dalam kegiatan ektrakurikuler Sastra. Dan juara harapan 1 Lomba Menulis Buku Antologi Cerpen dengan judul "Usai Tanpa Memulai" karya dari 15 siswa kelas IX.5.


Kompetisi tersebut digelar oleh pengurus Komunitas Penulis Penggiat Literasi (KPPL) Kemenag Kota Padang pada bulan November-Desember 2023 yang lalu dalam rangka menggebyarkan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-78 tingkat Kota Padang.


Suksesnya puluhan siswa MTsN 1 Padang memboyong 2 juara setelah mampu menyisihkan ratusan siswa lainnya.


Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal mengapresiasi peserta didiknya yang menorehkan prestasi gemilang dibidang literasi.


Kamad berterima kasih kepada Idra Putri yang telah berjibaku menggerakkan spirit menulis puluhan siswa mulai dari ilmu dasar hingga melahirkan sebuah buku antologi cerpen dan meraih juara 2 dan Harapan 1.


Rasa haru, bahagia dan bangga yang tiada tara juga dirasakan Idra Putri selaku pembimbing. Buah dari kerja keras dan kerja cerdasnya telah lahir puluhan penulis hebat dari MTsN 1 Padang.


Kata Idra, sebenarnya dalam lomba tersebut kita kirim tiga buku, proses editing dan lay out yang diburu waktu membuat adlenaline terpacu, tapi yang lolos juara hanya 2 buku. Alhamdulillah naskah siswa MTsN 1 Kota Padang luar biasa.


Setiap peserta didik tentunya memiliki  potensi, keterampilan, dan kompetensi  masing-masing yang berbeda-beda. Keterampilan ini perlu digali, dilatih dan diasah agar bisa terus berkembang dan tersalur sesuai alurnya. Melatih keterampilan menulis Siswa dapat dilakukan dengan menggali potensi menulis yang terpendam dan ini membutuhkan konsentrasi dan kreativitas dalam berpikir, seperti sudoko, scrabble, dan puzzle, disesuaikan dengan kebutuhan masing masing kompetensinya. Selain itu, Guru juga bisa mencoba untuk memberikan tugas membuat suatu karya tulis seperti menulis artikel, opini, cerpen dan puisi sehingga siswa terbiasa menulis.


"Dengan melatih keterampilan ini, Siswa  semakin mengenali dirinya dan terbiasa dalam menulis dan menuangkan ide serta pikirannya dalam sebuah buku.  Pembiasaan ini sungguh sangat membahagiakan dan terasa sesuatu yang luar biasa, karena siswa mau terbuka, karena pastinya seorang penulis pastilah suka membaca, ini salah satu langkah mengasah literasi siswa," ujar Idra. 


(DTB)