Berita

-

Senin, 15 Mei 2023 Operator 358

MTsN 1 Padang Uji Kompetensi Akademik Calon Peserta Didik Baru Jalur Regulerl 


Padang, Humas--Guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padang perketat seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur Reguler.


Ketatnya seleksi dimulai dari syarat pendaftaran secara online di website dengan akumulasi rata-rata nilai dari kelas IV, V, dan VI 80 untuk tingjat MI dan 82 untuk tingkat MTs.


Pasca tes Baca Al-Quran dan tes wawancara pihak panitia menyelenggarakan tes akademik, diruangan kelas, Sabtu, (03/05/23)


Tes akademik diikuti 305 orang calon peserta didik  baru jalur reguler yang dibagi kepada 14 ruangan ujian. Dan semua peserta terlihat antusias mengikuti tes dengan rasa optimis.


Soal tes sebanyak 40 butir yang terdiri dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, Bahasa Inggris,  Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Bahasa Indonesia.


Tes dilakukan dengan menggunakan aplikasi E-Learning dengan memakai HP android,  Peserta masuk dengan gmail dan akun masing-masing.


Tes akademik dikelola oleh panitia, pengawas dan operator secara profesional dan proporsional sesuai juknis dan SOP yang ada.


Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal yang meninjau langsung pelaksanaan tes mengatakan bahwa, penerimaan peserta didik baru jalur reguler ini dilakukan dengan sangat selektif, guna meningkatkan mutu dan kualitas bidang akademik agar mampu bersaing dan berkompetisi untuk meningkatkan daya saing dan daya jual madrasah.


"Salah satu cara untuk mengangkat nama madrasah kedunia luar adalah melalui akademik. Maka sekaranglah saat yang tepat untuk memulainya melalui seleksi yang ketat dalam penerimaan peserta didik baru," kata Isrizal. 


Isrizal menambahkan, bahwah, Madrasah yang berprestasi akan semakin mendapat kepercayaan dan tempat dihati masyarakat dan akan menjadi madrasah unggul dan pavorit.


Isrizal, mengucapkan selamat berjuang dan mengikuti tes akademik kepada peserta.


"Ikuti tes ini secara seksama, teliti, cermat dan sungguh-sungguh. Semoga ananda lulus dan diterima di MTsN 1 Padang sebagai peserta didik baru,' pesan Kamad penuh semangat.


Sementara itu ketua panitia yang juga Wakasis, Hj. Maryani Sastera mengatakan bahwa, Tes akademik ini merupakan tes yang ke 3 setelah tes baca al-Quran  dan wawancara. Dan tes ini menjadi salah satu syarat yang harus diikuti calon peserta didik baru sesuai dengan amanat juknis PPDB MTsN 1 Padang.


Hj. Sas berharap hasil tes akademik ini sesuai dengan harapan dan terpenuhi standar yang diharapkan sehingga geliat mutu dan kualitas pendidikan menjadi kenyataan.


"Nilai hasil tes akademik ini akan diakumulasikan dengan nilai rapor, tes baca al-Quran dan tes wawancara. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 30 Mei April 2023 melalui akun masing-masing, tutur Wakasis.


Wakasis, Hj. Sas mengucapkan terima kasih kepada pimpinan, unsur pimpinan dan panitia yang telah mensupport, bersinergi, bekerjasama dan bekerja secara tim sehingga proses PPDB jalur reguler bisa berjalan menurut mestinya sesuai perencanaan.

(DTB)