Berita

-

Selasa, 13 Desember 2022 Operator 322

MTsN 1 Padang Sukses Wujudkan Penilaian Akhir Semester (PAS) I Bermutu dan Berkualitas


Padang, Humas- Hari ini Senin, (12/12/22) merupakan hari terakhir pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN ) 1 Kota Padang. 


Pelaksanaan PAS bermutu dan berkualitas yang di canangkan Kepala Madrasah di awal ujian telah di jalankan semua pelaksana, panitia, pengawas, dan siswa sesuai arahan.


PAS ini merupakan tahapan akhir penilaian semua siswa kelas VII, VIII, IX dan menjadi salah satu syarat dalam penentuan ketuntasan materi pembelajaran dari satuan pendidikan. Sebanyak 911 siswa, kelas VII, 340 orang kelas VIII, 252 santri Kelas IX 323 orang mengikuti kegiatan PAS secara Tatap Muka dengan memakai kertas pensil. 


Kepala MTsN 1 Kota Padang, Isrizal mengatakan bahwa PAS semester ganjil TP. 2022/2023 telah berjalan dan terlaksana dengan baik, aman, tertib dan ancar tanpa kendala berarti.


"Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh panitia, pengawas, dan siswa yang telah melaksanakan evaluasi ini sesuai petujuk teknis yang berlaku. Semoga kedepan akan lebih baik lagi, lebih bermutu dan berkualitas" ujar Isrizal.


Isrizal menambahkan, setelah selesainya PAS ini akan dilanjutkan dengan kegiatan Ektrakurikuler yang diisi dengan kegiatan perlombaan antar kelas dan Liga Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM).


"Kesimbangan antara akademik dan non akademik perlu diselaraskan begitu juga kurikuler dan ektrakurikuler. Siswa butuh refreshing dan penyegaran. Setelah 6 bulan mereka memutar otak dalam belajar dan evaluasi. Maka kegiatan Ektrakurikuler akan memulihkan kejenuhan mereka" jelas Isrizal dengan terang.


Idra Putri, ketua panitia PAS memaparkan bahwa indakator dari pengukuran ujian yang bermutu dan berkulitas itu bisa dilihat dari empat aspek, pertama, Aspek Soal yang diujikan, Soal PAS telah dirancang dan dipersiapkan oleh guru Bidang Studi dalam bentuk "High order thinking skills" (HOTS). Soal HOTS merupakan transfer satu konsep ke konsep lainnya, Memproses dan menerapkan informasi, mencari kaitan dari berbagai informasi yang berbeda-beda, menggunakan informasi untuk menyelesaikan masalah, dan menelaah ide dan informasi secara kritis.


Kedua, kelengkapan administrasi yang ditata secara rapi, ketiga petunjuk teknis (Juknis) yang disiapkan. Dan yang keempat penerapan tata tertib secara kaaffah.


"Evaluasi yang telah dilakukan ini hendaknya tidak saja bermutu dan berkualitas dari segi pelaksanaanya, akan tetapi lebih dari itu hasilnya juga lebih maksimal dan meningkatkan kompetensi siswa di Bidang Kademik" harap Idra.

(DTB)