Berita

-

Rabu, 12 Juli 2023 Operator 254

Tanamkan Karakter Disiplin, PBB MATSAMA MTsN 1 Padang Dilatih TNI AD


Padang, Humas--Guna menanamkan karakter dan jiwa disiplin kepada Peserta Didik Baru sejak dini. Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang mendatangkan pelatih Peraturan Baris Berbaris (PBB) dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).


MTsN 1 Padang meminta empat anggota TNI Angkatan Darat dari Komando Rayon Militer (Koramil) 06/KTN.


Keempat TNI AD yang melatih yaitu, PELDA Afrizal, SERMA Afrinaldi

SERTU Asrial, SERDA Hefri Doni. 


Keempat anggota TNI AD tersebut memberikan materi dasar PBB dengan Aba-aba yang jelas,  menperagakan, dan langsung dibarengi dengan praktek.


Semua peserta mengikuti latihan PBB dengan antusias, disiplin, senang, dan kegirangan.


Kegiatan pelatihan digelar di lapangan OPEL Lubuk Buaya, Rabu, (12/07/23). Pelatihan PBB diikuti 352 orang peserta didik baru.


Kegiatan pelatihan  dikoordinir oleh panitia MATSAMA dibawah komando ketua Hj. Maryani Sastera yang juga Wakasis Hj. Maryani Sastera, unsur pimpinan Idra Putri, Suhelri, Dafril, pembina OSIM Rahimi Ikhwani, segenap panitia, dan pengurus OSIM.


Kepala MTsN 1 Kota Padang, Isrizal mengatakan materi PBB tahun ini sengaja didatangkan pelatih dari TNI AD untuk Menumbuhkan rasa disiplin. Pelatihan Baris Berbaris dapat membuat peserta didik lebih disiplin karena harus mendengarkan dan menjalankan aba-aba yang diberikan.


Kata Isrizal, 

Pelatihan ini juga bisa menumbuhkan rasa kebersamaan di antara peserta didik. Anggota TNI diakui lebih kompeten tentang PBB karena Mereka sudah terlatih.


Sementara itu Hj. Maryani Sastera mengatakan bahwa latihan PBB bagi peserta didik tahun ini lebih dimaksimalkan dengan mendatangkan anggota TNI dari Koramil Koto Tangah. Hal ini guna Meningkatkan daya konsentrasi. Baris berbaris membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, mulai dari mendengarkan setiap instruksi yang diberikan hingga bergerak sesuai dengan aba-abanya.


"Selain itu juga Melatih solidaritas. Baris berbaris juga turut menumbuhkan dan melatih solidaritas antar anggota pramuka. Selain solidaritas, pelatihan ini juga turut menumbuhkan rasa setia kawan,"ujar Hj. Sas.