Berita

-

Jumat, 3 Februari 2023 Operator 391

Muhadharah MTsN 1 Padang Ajang Peningkatkan Kualitas dan Kapasitas Diri Siswa


Padang, Humas--Kegiatan muhadhrah yang rutin digelar setiap Jum'at pagi terus membuktikan efek positif dan pengaruh signifikannya terhadap diri siswa sebagai pejuang ilmu.


Salah satu efek positif muhadharah menjadi ajang peningkatan kualitas dan kapasitas diri siswa. Selain itu muhadharah sebagai wadah untuk berlatih, uji kompetensi, keberanian dan latihan public speaking.


Kualitas dan mutu itu terlihat saat tampilan peserta muhadhrah dari pengurus Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dibawah binaan Wakasis Hj. Maryani Sastera dan pembina OSIM Rahimi Ikhwani di aula serbaguna madrasah, Jum'at (03/02/23).


Semua pelaksana muhadharah mulai Master Of Ceremoni (MC) tiga bahasa, Zahwa (bahasa Indonesia), Khalisa (bahasa Arab), Kia (bahasa Jepang).

Zahwa (tilawah), Kiara (saritilawah), Hanna dan Airin (MSQ), Khaliza (pidato), Namira dan Zahwa (tahfizh), Airin dkk (nasyid) dan Rafael dkk (asmaul husna).


Semua pelaksana tampil dengan kualitas dan kapasitas diri masing-masing. Hampir setiap materi yang ditampilkan menarik dan membuat peserta muhadharah terpukau dan senang.


Hj. Nelwati guru Matematika yang didaulat sebagai pemberi taushiyah menyentuh hati semua siswa dengan "Lima Cara Berbuat Baik kepada Kedua Orangtua"


Kelima cara itu dijelaskan Hj. Nelwati dengan tenang dan santai. pertama, Menghormati kedua orang tua, kedua Memuliakan keduanya, ketiga, Merawat kedua orangtua dikala sakit dan saat membutuhkan,  Keempat, Mendoakan kedua orangtua dan yang Kelima Menjaga nama baiknya.


"Patuhi semua aturan madrasah, belajar dengan sungguh-sungguh jangan berbuat kesalahan,  jangan terjerumus kejurang maksiat dan jangan sampai orangtua ananda terpanggil kemadrasah karena ulah ananda yang tidak baik. Maka ini ananda sudah menjaga nama baik kedua orangtua yang ridho Allah terletak diatas ridho keduanya," ungkap Hj. Nelwati yang pernah menjadi ketua Dharmawanita Kemenag Padang itu.


Isi taushiyah yang disampaikan Hj. Nelwati di simak dan dihayati oleh semua siswa dan yang lebih menariknya lagi penyajian materi di selingi dengan pantun-pantun yang nilai sastranya cukup tinggi.


Tampak hadir pada kegiatan penuh edukasi itu, Kepala Madrasah, Isrizal, Kaur TU Humaira Lubis, unsur pimpinan, Idra Putri, Hj. Maryani Sastera, Suhelri, Dafril, Tuanku Bandaro, majelis guru dan pegawai.


Diakhir muhadharah selalu diisi dengan clossing statemen dari Wakasis Hj. Maryani Sastera. Wakasis memberikan apresiasi dan acungan jempol kepada semua pelaksana muhadharah yang sudah tampil dengan kualitas dan kapasitas dirinya serta berterima kasih kepada siswa sebagai peserta muhadharah, seraya mengumumkan pelaksana muhadharah Jum'at, 10 Februari 2023.

(DTB)