-
KKM MTs Kuansing Akui Literasi MTsN 1 Padang Patut Ditiru
MTsN 1 Padang, Humas--Literasi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 kota Padang patut ditiru dan diimplementasikan dimadrasah kami di Kabupaten Kuantan Singingi dan benar-benar terasa madrasah literasi.
Hal diatas merupakan pengakuan tulus yang diungkapkan Rini (Kepala MTsN 2 Kabupaten Singingi) bersama beberapa rekannya saat berjalan mengelilingi lingkungan MTsN 1 Padang sehabis acara resmi, Kamis, (09/02/2023).
Saat berkeliling Rombongan KKM MTs Kabupaten Singingi didampingi Idra Putri Wakil Kurikulum yang tak lain 1000 guru motivator literasi Indonesia.
Kata Rini, hampir disetiap sudut madrasah terdapat pojok literasi dibawah tangga kelantai 2 ada papan mading yang berisikan kumpulan berita di media cetak dan buku-buku karya guru dan siswa. Disepanjang tangga ada lukisan indah yang dipajangi karya-karya siswa yang variatif.
"Sempainnya dilantai 2 pandangan mata dimanjakan dengan sebuah pojok literasi yang luar biasa indah yang dilengkapi dengan ruang baca. Disetiap ruangan kelas ada pojok ibadah dilengkapi dengan peralatan ibadah dan pojok literasi yang dikemas dalam bentuk bervariatif dan tampilan yang berbeda-beda," akui Rini.
Wakil Kurikulum Idra Putri mengatakan, penerapan literasi ini merupakan wujud implementasi nyata dari Visi MTsN 1 kota Padang, dan ini telah digalakkan sejak tahun 2018 yang lalu meskipun ada pasang surutnya namun tidak pernah pudar dan tetap dibumikan dan ini paralel dengan program kehumasan dan kurikulum.
"Terwujudnya madrasah literasi ini tidak terlepas dari kerjasama dan kreatifitas bersama tim literasi dan semua warga madrasah yang dikoordinatori Sufrizal (guru Matematika yang multi talenta).
Sementara ditempat terpisah Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal mengatakan bahwa MTsN 1 Padang sangat-sangat komit dalam mewujudkan madrasah literasi.
Kata Isrizal, diteraokannya Literasi ini untuk memudahkan meningkatkan kemampuan mengakses,memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas, antara lain membaca,melihat, menyimak, menulis dan berbicara.
"Gerakan literasi madrasah merupakan upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan madrasah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melaui pelibatan publik," ungkap Isrizal.
Tambah Isrizal diantara tujuan gerakan literasi di madrasah diantaranya; 1) menumbuhkan budi pekerti peserta didik melalui pemberdayaan ekosistem literasi madrasah yang diwujudkan dalam gerakan literasi madrasah agar menjadi pembelajar sepanjang hayat, 2) Menumbuhkembangkan budaya literasi di madrasah,
3) meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan madrasah agar literat, 4) Menjadikan madrasah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga madrasah mampu mengelola pengetahun, 5) menjaga berkelanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.
Silahkan ditiru jika memang ada nilai lebihnya literasi MTsN 1 Padang dan dibawa ke Kabupaten Kuansing. Dan kami terbuka untuk ditiru dan diberi masukan untuk menuju lebih baik dan lebih baik lagi," pesan Isrizal menyudahi.
(DTB)