Berita

-

Jumat, 9 Desember 2022 Operator 340

H. Edy Oktafiandi : Penilaian Akhir Semester (PA$) I Alat Pengukur Kompetensi Siswa


Humas--Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2022-2023 merupakan  kegiatan yang dilakukan di akhir semester ganjil untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester ganjil, hal tersebut dijelaskan oleh H. Edy Oktafiandi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang di sela-sela monitoring pelaksanaan Penilaian Akhir Semester Gnajil MTsN 1 Kota Padang, Kamis (08/12).


“Penilaian Akhir Semester Ganjil dilakukan sebagai sarana evaluasi dalam mengukur capaian kompetensi peserta didik selama satu semester. Di mana hasilnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik selama satu semester berjalan, oleh sebab itu kegiatan ini harus dilakukan dengan standar pengelolaan yang jelas dan terukur, sehingga bisa dijadikan instrumen peningkatan mutu pendidikan di madrasah,“ jelas Kakankemenag.


Terkait dengan pelaksanaan penilaian Akhir Semester Kakan Kemenag berharap, “Seluruh stakeholder yang terlibat untuk taat asas pada juknis pelaksanaan Penilaian Akhir Semester yang telah ditetapkan secara berjenjang, agar seluruh rangkaian kegiatan berlangsung secara objektif, akuntabel, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan”, harap guru qasidah itu.


Disisi lain orang nomor satu di Kemenag Padang itu mengingatkan, “Merujuk pada program startegis Kementerian Agama Republik Indonesia yang salah satunya adalah transformasi digital, hal ini harus menjadi perhatian seluruh jajaran madrasah untuk terus berikhtiar mewujudkan transformasi digital dalam memberikan layanan pendidikan, baik dalam proses pembelajaran, evalausi pembelajaran serta layanan publik lainya, “ tegas H.Edy.


“Transformasi digital merupakan upaya Kementerian Agama untuk meningkatkan kualitas layanan publik yang efektif, mudah diakses dan berkualitas dengan memanfaatkan berbagai inovasi pengembangan sistem informasi, oleh sebab itu inovasi merupakan satu keniscayaan yang harus dilakukan seluruh jajajan Kementeraian Agama dalam memberikan layanan terbaik untuk umat,”simpul Kakan Kemenag.


Sementara itu Isrizal Kepala MTsN 1 Kota Padang dihadapan tim humas menjelaskan, “Sampai hari ini (red) pelaksanaan Penilai Akhir Semester khususnya di MTsN 1 Padang berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Lancarnya pelaksanaan Penilaian Akhir Semester merupakan hasil dari persiapan matang kepanitian yang ada.


“Disamping itu atas nama pimpinan lembaga saya menyampaikan ucapan terima kasih serta  salut kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang yang telah memberikan pembinaan terstruktur, untuk suksesnya pelaksanaan penilaian Kahir Semester I tahun pelajaran 2022-2023," pungkasnya. (DTB)