Berita

-

Senin, 8 Mei 2023 Operator 278

Lakukan AM Berbasis CBT dan E-Learning Madrasah, MTsN 1 Padang Jawab Tantangan Era Digitalisasi 


Padang,Humas–Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang menjawab tantangan Era Digitalisasi dan Transformasi secara nyata dan fakta dengan melakukan Asesmen Madrasah (AM) berbasis Computer Based Test (CBT) menggunakan E-Learning madrasah dimana siswa memakai Laptop/HP android.


Diketahui bahwa MTsN 1 Padang pertama kali  menyelenggarakan AM berbasis CBT memakai E-Learning madrasah secara mandiri, dan ini juga pertama kalinya AM diberlakukan secara nasional yang merupakan perubahan dari Ujian Madrasah (UM).


Asesmen Madrasah akan berlangsung selama satu minggu, tanggal 08-13 Mei 2023 terbagi 16 ruangan ujian. Asesmen akan diikuti sebanyak 313 peserta dibagi menjadi 16 ruangan dan masing-masing ruangan diawasi oleh 1 orang pengawas.


Berikut jadwal dan Bidang Studi yang diujikan pada AM tahun pelajaran 2022/2023 :

Senin, Sejarah Kebudayaan Islam dan Bahasa Indonesia.

Selasa, IPA dan Akidah Akhlak

Rabu, Bahasa Inggris dan Qur'an Hadits

Kamis, IPS dan Fiqih

Jum'at, Matematika dan PPKn, Dan Sabtu, Bahasa Arab.


Kegiatan dimulai pada Senin, 08 Mei 2023 diawali dengan Apel pagi dihalaman madrasah, siswa mendengarkan arahan dan motivasi dari Kepala Madrasah. Dilanjutkan dengan Briefing panitia dan pengawas di ruangan panitia, aula serbaguna madrasah yang dihadiri semua panitia dan pengawas ruang hari pertama.


Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal dalam arahannya kepada siswa memberikan motivasi dan semangat agar siswa bisa mengikuti AM dengan serius, sungguh-sungguh, teliti, cermat, dan tenang karena AM salah satu syarat penentu Lulus atau tidaknya kelas IX dan penentu ke Sekolah/Madrasah mana mereka melanjutkan pendidikannya.


Sedangkan Kepada Panitia dan Pengawas ruangan, Isrizal menjelaskan tentang tugas pengawas dan SOP yang perlu di taati.


"Tugas Kepengawasan merupakan tugas rutin guru yang sudah biasa dilakukan maka tinggal lagi penguatan dan konsistensi dalam melaksanakan tugas," tegas Isrizal.


Isrizal, meminta Pengawas untuk bekerja secara profesional, proposional, menjadi pengawas teladan yang memberikan kenyamanan dan ketentraman didalam ruangan AM.


Kamad juga menjelaskan beberapa manfaat AM berbasis CBT diantaranya, Siswa mendapatkan soal dan pilihan jawaban secara acak sehingga bisa meminimalisir kecurangan. Selain itu, waktu yang tersedia dapat digunakan secara maksimal karena perhitungan waktu juga terlihat dalam tampilan aplikasi. Keuntungan dari penggunaan CBT dalam Asesmen Madrasah ini adalah memunculkan hasil penilaian secara cepat dan akurat, sehingga meringankan tugas guru dalam memberikan penilaian. 


"MTsN 1 Padang akan terus mengevaluasi dan mengembangkan program CBT E-Learning tersebut sebagai upaya peningkatan kualitas dan mutu pelayanan pembelajaran bagi para siswa," ujar Isrizal mengakhiri.


Sementara itu, Idra Putri selaku ketua panitia dan juga Wakil Kurikulum Pada hari pertama pelaksanaan AM di MTsN 1 Padang berjalan dengan baik, lancar, aman, tertib dan tidak ada kendala yang berarti.


Idra Putri, memastikan teknis dan administrasi asesmen telah dipersiapkan secara matang untuk membuat asesmen lancar dan tertib. 

Jajaran Waka dan panitia dibawah arahan Kepala Madrasah telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan saat asesmen dan termasuk menyiapkan antisipasi dan solusi jika ditemukan kendala saat asesmen berlangsung.


Kata Idra, Pelaksanaan asesmen penting untuk dilaksanakan karena hasilnya menjadi alat pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dapat mempengaruhi hasil kelulusan. (DTB)