Berita

-

Jumat, 4 Agustus 2023 Operator 286

Muhadharah Ajang Melatih Siswa Berbahasa Asing


Padang, Humas–Muhadharah memiliki multi nilai edukatif untuk mematangkan Soft Skill. Salah satunya menjadi ajang untuk mengasah siswa lancar berbahasa Asing.


Hal itu disuguhkan oleh kelas IX.7 dibawah asuhan Walikelas Asmawati. Kelas IX.7 menampilkan muhadharah tiga bahasa Asing yakni bahasa Inggris, Arab dan Jepang.


Ketiga bahasa asing itu ditampilkan oleh Master Of Ceremony (MC),

Azzahra, Hesty Fira dan Aura. Dan Pidato Fatur, Bilqis, dan Ighnacia.

MC dan Pidato melafazkan ketiga bahasa asing itu dengan lancar, fasih dan jelas.


Dengan tampilan muhadharah 3 bahasa Asing ini membuat kualitas dan mutu muhadharah semakin meningkat.


Kelas IX.7 tampil dengan peforma terbaik mereka mulai dari pembaca kalam Illahi dan saritilawah Yumna dan Selse. Pidato, Fatur, Bilqis dan Ighnacia, Nasyid Kasyifa, Viona dan Fatur, berbalas Pantun Hadli dan Fathir, Asmaul Husna Zulfan dkk, dan Doa oleh Rizki.


Febraningsih guru PKn tampil sebagai Pemberi taushiyah dan Motivator bagi empat ratus lima puluhan peserta muhadharah yang memadati aula dengan tema, “Membangun Generasi Muda Penerus Bangsa”


Dalam taushiyahnya Febraningsih Mengingatkan tentang pentingnya berproses dengan baik selama menuntut ilmu di madrasah karna generasi mudalah yang akan menjadi penerus bangsa, ananda akan memiliki andil dalam menentukan hitam dan putihnya bangsa ini.


“Proses yang baik perlu ditingkatkan, mengingat bangsa Indonesia adalah negeri yang kaya dengan sumber daya. Tentunya sumber daya alam ini harus diiringi dengan sumber daya manusia untuk menjadikan negeri ini menjadi bangsa yang maju,”jelas Ningsih.


Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal memberikan apresiasi, motivasi dan support terhadap pelaksanaan muhadharah yang semakin baik, makin profesional, makin berkreasi dan melahirkan ide-ide terbaru dan kekinian.


Isrizal berikan apresiasi khusus kepada kelas IX.7 yang menampilkan muhadharah tiga bahasa Asing.


Kata Isrizal, Manusia dilahirkan dengan insting berbahasa karena otaknya secara alami terikat pada bahasa. Dengan bahasa, manusia bisa dengan mudah berkomunikasi dengan manusia lainnya. Bisa dibilang, bahasa memiliki peran yang sangat penting dalam berkomunikasi.


Di samping itu menurutnya, di zaman modern ini dituntut untuk belajar serta menguasai bahasa asing supaya mudah berkomunikasi dengan orang dari negara atau belahan dunia lain.


Tampak hadir pada kegiatan rutin tersebut Kepala Madrasah, Isrizal, unsur pimpinan, Idra Putri, Hj. Maryani Sastera, Suhelri, Dafril, guru dan pegawai.


Diakhir muhadharah Hj. Maryani Sastera memberikan apresiasi kepada kelas IX.7 dan mengumumkan pelaksana muhadharah Jumat, 11 Agustus 2023 yakni kelas IX.6. Wakasis memberikan tantangan kepada kelas IX.6 untuk tampil beda dengan kreasi dan inovasi terbaru serta menyuguhkan sesuatu yang unik.

(DTD)