Berita

-

Senin, 3 Juli 2023 Operator 407

Tiga Kantin MTsN 1 Padang Resmi Kantongi Sertifikat Halal 


Padang, Humas--Hanya selang beberapa hari saja sejak dilakukannya pendataan dan inventarisasi oleh Juli Armadan selaku Pendamping Proses Prodak Halal 

(P3H). Tiga kantin Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang resmi mengantongi Sertifikat Halal. 


Ketiga kantin tersebut yaitu, Kantin Halal MTsN 1 KPRI dibawah pimpinan Hj. Maryani Sastera, Kantin Halal MTsN 1 Alef dibawah pimpinan Eltidayeni, dan Kantin Halal MTsN 1 Reza dibawah pimpinan Gustina (Ayuk). 


Ketiga pimpinan kantin tersebut menerima Sertifikat halal saat Apel pagi di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Senin, (03/07/2013). 


Sertifikat diserahkan oleh Plt KaKanKemenag Kota Padang Zulfahmi serta di dampingi  oleh Kasi Penmad Farhan Furqani, Kasi Bimas Aris Junaidi, dan Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Dian Khairaty. Penyerahan Sertifikat disaksikan langsung oleh Pendamping Proses Prodak Halal 

(P3H) Kemenag Kota Padang, Juli Armadhan dan peserta apel. 


Juli yang merupakan ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Sumbar itu mengatakan bahwa, tiga kantin MTsN 1 Padang hari ini telah resmi mengantongi "Sehati" setelah memenuhi beberapa langkah, persyaratan, dan alur penerbitan sertifikat yang secara proses mengikuti 9 langkah :

1. Inventaris data

2. Mengisi format data

3. Verifikasi dan validasi data produk halal dan kantin halal 

4. Penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB)

5. Pendaftarkan akun SIHALAL

6. Penginputan data

7. Kroscek data isian

8. Diajukan ke Komite Fatwa Badan Pengelola Jaminan Prodak Halal

9. Menunggu hasil penerbitan sertifikasi kantin halal dan produk halal. 


“Seluruh produk makanan dan minuman merupakan produk yang wajib bersertifikasi halal pada 2024. Karena kewajiban sertifikasi ini sifatnya mandatori, dan menjadi salah satu tugas dan fungsi utama dari Kemenag," ujar Juli. 


Juli yang juga senator  Humas Kemenag Padang itu menambahkan, Seluruh satker dilingkungan Kemenag akan menjadi contoh dari sertifikasi halal. Instruksi Menteri Agama harus dilakukan di seluruh satker Kemenag, termasuk madrasah. Untuk  pelaksanaan instruksi itu, pihak pendamping akan tetap mendampingi, mengawasi, dan turut menjaga Sertifikat halal yang secara sah telah diserahkan. 


Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal menyambut baik tiga kantin dilingkungan madrasah yang ia pimpin resmi mengantongi Sertifikasi Halal dan prodak halal. Bagi kantin madrasah sertifikat ini akan memberikan nilai lebih dan ekslusif tersendiri karena selain menu-menunya yang sudah terjamin kehalalannya ditambah lagi dengan legalitas sertifikat dan logo halal. 


Isrizal mengatakan bahwa pihaknya benar-benar serius dan mendukung penuh program nasional untuk mewujudkan masyarakat sehat dengan mengonsumsi prodak-prodak halal. Tak tanggung-tanggung MTsN 1 Padang langsung menggolkan tiga kantinnya mengantongi Sertifikat Halal.


"Kami siap memperkuat implementasi program ini. Semua pelaku usaha dan pengelola kantin juga siap mengikuti alur dan prosedur untuk menjaga keabsahan legalitas ini. Selain itu kami  juga siap mentaati semua aturan-aturan, akan tetap menjaga, dan mensosialisasikannya kepada para konsumen," tutur Isrizal.

(DTB)