Berita

-

Rabu, 2 Februari 2022 Operator 528

H. Edy Oktafiandi Bicara Moderasi di Tingkat Nasional

Padang Humas-Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang H. Edy Oktafiandi menjadi narasumber di acara Program Kreatif Inspiratif Inovatif Solutif (KIIS) Inspektorat Jenderal Kemenag, Jadi ANS Solutif Seri 69, Rabu, 02/02/22.

Kegiatan yang digagas  Itjen Kemenag RI itu digelar secara daring melalui zoom meeting dengan ID : 867 0798 0372 Passcode: KIIS2022 , dan Edy Oktafiandi menyajikan materi dari ruangan kantor dinasnya.

H. Edy Oktafiandi tampil menjadi narasumber di moderatori Hj. Marliza Kepala MAN 1 Padang dengan tema ASN, Integritas, Penggerak Moderasi Beragama setelah Muhsin Kepala SPI IAIN Ponorogo Jawa Timur.

Kegiatan ini terbilang berkelas karena Keynote Speakernya Inspektur Wilayah IV yakni Kastalon. Pamantik acara Nurul Badruttamam, yang juga inisiator acara berskala nasional itu.

Dan kegiatan ini juga terbilang Spektakuler dan sangat luar biasa karena diikuti oleh 349 peserta dari seluruh Indonesia yang didominasi oleh ASN Kemenag Kota Padang.

Selain itu acara ini akan tercatat dalam sejarah Kemenag Padang karena selain yang pertama narasumbernya dari Sumatera Barat, pertama kali juga untuk Kota Padang, luar biasanya lagi kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal cantik yakni 02/02/22. 

H. Edy Oktafiandi memaparkan 5 Kiat Membumikan Moderasi Beragama Pertama, melaksanakan komitmen bersama (pemerintah, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan) untuk sukses gerakan moderasi beragama. Kedua, memberdayakan  pola manajemen 3 K (Komunikasi, Koordinasi, dan Kolaborasi). 

Ketiga, membangun pola pemberdayaan umat dan moderasi beragama  dalam berbagai aspek dari moderasi beragama menjadi moderasi pendidikan, moderasi sosial budaya, moderasi politik. Keempat, melibatkan peranan pers agar ikut membantu moderasi beragama melalui pemberitaan positif. Terakhir, mendalami ilmu agama masing-masing, menambah wawasan keilmuan, dan berfikir cerdas.
 
“Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memiliki Integritas diri baik secara vertikal maupun horizontal, dan tampil sebagai role model dalam membumikan moderasi beragama.

 Kemenag Kota Padang telah melakukan langkah-langkah konkrit dalam membumikan moderasi beragama, seperti koordinasi penguatan moderasi beragama dengan lintas sektoral (Kesbangpol, Dinas Pendidikan, FKUB, dan Ormas keagamaan) dan meggelar lomba menulis esai dan artikel tentang moderasi beragama antar kepala madrasah, antar guru dan antar siswa”, pungkas Edy yang sangat menguasai materi.

Edy mengucapkan terima kasih pada Itjen Kemenag RI, Sekretaris Itjen, Kastolan, Kakanwil Kemenag Sumbar, Nurul Badruttamam, Desi Harianti, Estu Unggul Drajat, Marliza (host), Tim IT Itjen Kemenag RI.

Edy juga berterima kasih pada Kasubbag Tata Usaha, Kemenag Padang Tim IT Kemenag Padang dan Kawan-kawan ASN Padang dan Agam.
(Dafril TB)

Share:


Author :
Operator