Berita

-

Rabu, 1 Februari 2023 Operator 331

Kamad, Wakur dan Empat Guru Mapel MTsN 1 Padang Ikuti Sosialisasi dan Bimtek IKM


Padang, Humas--

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 kota Padang, Isrizal bersama Wakil Kurikulum, Idra Putri dan empat orang guru mata pelajaran, Firmayati, Rachmatina, Novi Yarli dan Andre Leo ikuti Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).


Sosialisasi dan Bimtek tersebut digelar Direktur Jenderal (Ditjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia secara virtual melalui zoom meeting dan live streaming You Tube, Senin-Rabu, (30-31/01 s/d 01/02/23)


Kegiatan IKM tersebut dibuka secara resmi oleh Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi dan diikuti oleh 50 ribuan peserta se Indonesia.


Khusus untuk kota Padang Sosialisasi dan Bimtek IKM di pusatkan di beberapa titik lokasi, untuk MTs di 2 tilok, 1 di MTsN 6 Padang gabungan MTsN 1, 3, 6 dan beberapa MTs swasta dan tilok 2 gabungan MTsN 2,4,5,7dan beberapa MTs swasta.


Kepala MTsN 1 kota Padang, Isrizal merasa bersyukur dan menyambut baik pelaksanaan Sosialisasi dan Bimtek IKM yang digelar Ditjen SKK yang sangat urgen dan amat penting untuk diikuti.


"Spirit kurikulum merdeka salah satunya memberi kemerdekaan dan keluwesan madrasah dalam mengelola pembelajaran. Ciptakan ruang-ruang kreatifitas bagi guru dan siswa madrasah agar seluruh potensinya berkembang optimal,” ungkapnya.


Isrizal beharap kegiatan bimtek IKM ini menjadi bagian penting dari upaya kita bersama dalam peningkatan mutu dan daya saing madrasah untuk menyiapkan Generasi Emas 2045. Madrasah bisa menjadi destinasi Pendidikan Islam dunia” tandasnya. 


Sementara itu Idra Putri mengatakan, Implementasi Kurikulum Medeka (IKM) sudah di depan mata. Meskipun bukan suatu keharusan, namun sudah sepatutnya  kita berkolaborasi mewujudkan impian pembelajaran yang menyenangkan sehingga tidak ada lagi siswa yang merasa terkungkung dengan proses pembelajaran yang menoton dan konvensional. 


"Di Tahun Pelajaran 2023/2024 diharapkan MTsN 1 kota Padang telah melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sesuai dengan KMA nomor 347 tahun 2022 tentang IKM

Secara berjenjang. 

Bahwa masing-masing madrasah sudah menerapkan IKM pada kelas IV MI, kls VII MTs, kls X MA,"harapnya.


Idra juga berharap semua komponen dan stakholder di MTsN 1 Padang akan mendapatkan pemahaman yang sama baik secara online maupun tatap muka melalui modul dan buku-buku kumer yang sudah banyak beredar. 


Idra menambahkan bahwa IKM berprinsip kontektual, esensial, akuntable, berpusat kepada siswa dan melibatkan berbagai pemangku kepentingan karena IKM dirancang untuk pembelajaran yang kolaboratif.

(DTB)