Berita

-

Kamis, 3 Agustus 2023 Operator 253

Rapiun Senator Sumbar Yang Berjuang Menuju Penyuluh Agama Terbaik Nasional


Padang, Humas--Rapiun, S.Ag yang akrab dipanggil Aciak oleh orang-orang di sekitarnya. Lahir Pesisir Selatan, 10 Januari 1975 merupakan alumnus Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang, Jurusan 

Komunikasi Penyiaran Islam. 


Rapiun kini menjadi Senator Sumatera Barat yang sedang berjuang menuju sebagai penerima Penghargaan Penyuluh Agama Islam tahun 2023 tingkat nasional.


Rapiun melaju ketingkat nasional setelah menjadi terbaik 1 tingkat Sumatera Barat dengan program unggulannya “Bimroh (Bimbingan Rohani) PAJAK (Penyelenggaraan Jenazah Khusus) di ruang Autopsi Kajian dari perspektif hukum fardhu kifayah” adalah seorang penyuluh agama Islam yang luar biasa berdedikasi dalam bidang penegakan hukum dan pemahaman tentang fardhu kifayah terkait dengan penyelenggaraan jenazah khusus di ruang autopsi.


Rapiun memulai perjuangannya dengan latar belakang dari Penyuluh Agama Islam  Kemenag Kota Padang. Sebagai utusan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Rapiun telah berperan aktif dalam membimbing kodan memberikan pengajaran rohani kepada tim autopsi dan keluarga korban yang sedang berduka dalam proses penyelenggaraan jenazah khusus sesuai hukum Islam.


Keahliannya dalam memahami perspektif hukum fardhu kifayah telah memberikan kontribusi penting dalam memastikan pemenuhan tugas agama dalam hal perawatan dan penghormatan jenazah. Dengan demikian, Rapiun telah berhasil membangun kesadaran dan kepekaan terhadap pentingnya menjalankan kewajiban fardhu kifayah dalam masyarakat.


Setelah lulus seleksi tahap 1 Rapiun berhasil mengukir prestasi gemilang yang saat sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Seleksi tahap 2 Penghargaan Penyuluh Agama Islam tahun 2023. Seleksi Tahap 2 akan dilaksanakan pada tanggal 07 hingga 10 Agustus 2023 di eL Hotel Jakarta Kelapa Gading.


Momen istimewa ini akan menjadi kesempatan emas bagi Rapiun untuk memamerkan keterampilannya dalam bidang bimbingan rohani dan penegakan hukum fardhu kifayah dari perspektif penyelenggaraan jenazah khusus di ruang autopsi.


"Semoga Rapiun dapat memberikan penampilan terbaik dan berhasil menjadi perwakilan terbaik dari Kota Padang dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dalam acara tersebut. Sukses untuk Rapiun dalam perjalanan menuju penghargaan prestisius tersebut," harap Kabid Penaizawa, H. Yufrizal.


Sebagai Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kementerian Agama 

Kota Padang, memilliki binaan di Rumkit Bhayangkara III 

Padang dengan program “Penyelenggaraan Jenazah Khusus” 

disingkat dengan PAJAK. Kepekaan terhadap kondisi 

masalah-masalah jenazah seperti mata, mulut terbuka, tubuh 

kaku, dan aroma yang unik ditanamkan lewat edukasi. Salah satunya dengan berbagi pengalaman dan mengamalkan doa 

sebagai solusi.


Sebagai senator Kanwil Kemenag Sumbar menuju terbaik nasional Rapiun mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Sumatera Barat, H. Helmi, Kapolda Sumbar, Irjen Suharyono, 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi, Kasubbid Yanmed Dokpol bagian autopsi, drg.Habibah,

semua pejabat dilingkungan Kemenag Sumbar, Pemprov Sumbar, Pemko Padang, masyarakat dan teman sejawatnya.