Berita

-

Jumat, 26 Januari 2024 Operator 190

Luar Biasa, Kelas IX 4 MTsN 1 Padang Tampilkan Muhadharah Terintegrasi


Padang, Humas--Menarik, Kelas IX.4 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang dibawah bimbingan Walikelas Rachmatina menampilkan muhadharah terintegrasi sepuluh dimensi saat menjadi pelaksana muhadharah, Jumat (26/01/24) di aula serbaguna. 


Mereka mengintegrasikan 10 dimensi, bahasa, pidato kekinian, ceramah, dialogis, aksi, seni, puitisasi, nasyid,  kasidah, dan pantun. Semua pelaksana tampil dengan gaya yang sangat menarik sehingga suasana muhadharah bernuansa keilmuan dan hiburan.


Semuanya tampil ciamik dan keren.Mulai dari Master Of Ceremony (MC), Alisya Keken Febrita  (Indonesia), Naisya Rahma (Arab), Viona Anggraini (Inggris)

Anaya Putri Adeera (kalam ilahi), Fajriatil Aini (sari tilawah)

Pidato kekinian

Khesya Nasyira Putri, Zhazkiya Aulia Az Zahra, Mutiara Salsabila, Story Telling, Alifia Mardhatillah

Tahfizh, Aulia Ridwan

dan Najmah Humairah


Nasyid, Feri Guswansyah, Rafi Alyudha, M.Irsyad Alfarizhi, M.Farel, Kurniawan, Rezki Taufiqqurrahman

Qasidah Rebana, Khalisa Zhazkiya, Madina, Meisyifa, Hanum, Keyla, Shyfa, Keysa, Indah, Anaya, Nisa, dan Mutiara.


Muhadharah makin bernuansa keilmuan dengan taushiyah yang disampaikan Ustadzah Sri Wahyuni (guru Quran Hadits) dengan judul  "Membiasakan Membaca al- Quran dalam Kehidupan Sehari-Hari"


Ayu menjelaskan 5 langkah membaca Al-Quran, Pertama, Menyediakan al-Quran, 

Dengan kemajuan zaman dan teknologi yang canggih lebih mudah lagi kita mempelajari tentang alquran, banyak menu internet yang menyediakan fitur-fitur yang lengkap dengan tafsiranya. 


Kedua, Mengenal keutamaan al-Qurran, orang yang membaca al-Quran akan mendapatkan pahala di setiap huruf ya ia baca,, sebagai pengobat hati, memudahkan segala urusan dan mnjadi syafaat di akhirat. 


Ketiga, Megambil pelajaran dari orang-orang yang dekat dengan al-Quran,,, Begitu banyak kisah-kisah keajaiban al-Quran.

Keempat, Memperbanyak dzikir dan beribadah dengan membaca al-Quran,  lebih di anjurkan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dan yang kelima, Mendipsiplinkan diri dan menguatkan tekad contoh menyediakan waktu setiap selesai sholat dibiasakan membaca al-Quran, ungkap Sri Wahyuni.


Diakhir taushiyahnya Ayu membawakan sebuah lagu kasidah yang berjudul "Yassir Lana" dengan suara yang merdu sehingga para peserta turut senang dan gembira.


Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal terus memberikan apresiasi dan support kepada pelaksana muhadharah untuk terus melakukan inovasi dan kreasi terbaru termasuk kombinasi berbagai dimensi Karena seorang Da'i dan Da'iyah bisa mengajak audiennya dengan cara yang cerdas dan bijak sehingga pesan dakwah tersampaikan dengan baik. 


Dipenghujung acara muhadharah Wakasis Hj. Maryani Sastera memberikan penguatan dan koreksi untuk perbaikan agar setiap tampilan muhadharah bermutu dan berkualitas.

(DTB)