Berita

-

Jumat, 24 Februari 2023 Operator 291

Muhadharah MTsN 1 Padang Memiliki Ekspektasi Besar Lahirnya Da'i Modern


Padang, Humas--Kegiatan muhadharah memiliki Ekspektasi (harapan) besar bagi dunia dakwah untuk menyiapkan Da'i Da'iyah hebat yang modern penyampai risalah kenabian Muhammad SAW.


Ekspektasi itu terlihat secara kasad mata dari sistem, teknis, metode, isi materi, dan berbagai khazanah tampilan pelaksana muhadharah tersebut setiap Jum'at pagi di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang.


Ekspektasi itu makin terlihat saat kelas IX.10 dibawah binaan walikelas, Kasfiyentri yang tampil dengan kekhasannya sendiri, dengan inovasi dan kreasinya di aula serbaguna, Jum'at (23/02/2023).


Hampir semua tampilannya kelas IX.10 bermutu dan berkualitas mulai dari MC 4 bahasa (Indonesia, Arab, Inggris dan Korea), tilawah dan saritilawah, tahfizh dengan bacaan yang fashahah, pidato 3 bahasa (Inggris, Indonesia, dan Arab), yang lantang, puisi yang mengharukan dan membuat mata peserta muhadharah berkaca-kaca, Dzkir asmaul husna, dan doa.


Sebagai pemberi taushiyah pada kegiatan muhadharah hari ini disajikan oleh Amrizal. Dalam taushiyahnya Amrizal menguraikan tentang "Adab Menuntut Ilmu"

"Menuntut ilmu wajib hukumnya bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan" maka mari penuhi lima adab menuntut ilmu agar ilmu yang didapat berkah dan bermanfaat," pesan Amrizal.


Amrizal mengutip sabda rasulullah yang artinya, " _Siapa yang keluar untuk menuntut ilmu maka Dia selalu di jalan Allah sampai Dia pulang"_ 


Ada lima adab perlu ditaati bagi seorang pejuang ilmu, 

1. Niatkan untuk mencari keridhoan Allah, 

2. Selalu bermunajat pada Allah, 3. Bersungguh-sungguh, 4. Berusaha menjauhi maksiat, dan 5. Menghormati guru.


Tambah Amrizal, Untuk melekatnya ilmu di memori dan tersimpan didada, maka pencari ilmu harus menerapkan 5M, Mendengar, melihat, menulis, membaca, dan memahami.


Kepala MTsN 1 kota Padang, Isrizal mengatakan bahwa, benar muhadharah ini memiliki Ekspektasi besar untuk lahirnya para Da'i Da'iyah hebat dan modern yang akan mengisi mimbar dakwah menyampaikan risalah rasulullah ketengah-tengah umat.


"Kegiatan muhadharah ini perlu dimenej dan dikelola secara profesional, mencari formulasi yang tepat, selalu ada inovasi, dan dikreasikan selaras dengan era kekinian,"ujar Isrizal.

(DTB)