Berita

-

Sabtu, 20 Januari 2024 Operator 242

RAT di Hotel Bintang Empat, KPRI MTsN Lubuk Buaya Diapresiasi Kakankemenag Padang


Padang, Humas--Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) MTsN Lubuk Buaya menjadi yang pertama menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2023 dilingkungan Kemenag Kota Padang dan digelar di hotel bintang empat. 


Hal itu mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi.


Pengurus Koperasi dituntut untuk selalu mengupayakan usaha-usaha yang lebih efektif, lebih baik, penataan aset, validasi data, dan mencatat inventaris. Wujud dari semua ini akan memudahkan saat 

evaluasi kinerja diakhir periode masa jabatan pengurus. Inventaris penata usahaan, 

Penguatan keanggotaan makin besar anggota makin banyak peredaran ekonomi. Oleh karenanya penambahan anggota bukan hanya tanggungjawab pengurus dan pengawas akan 


Hal itulah yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang, H. Edy Oktafiandi saat memberikan arahan dan membuka kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) MTsN Lubuk Buaya, di Hotel Basko Padang, Sabtu (20/01/24).


Kata Pria Pembina Seni Islami di Kota Padang itu, Koperasi ini adalah bentuk usaha bersama untuk mencapai tujuan bersama dan untuk kesejahteraan bersama. Sejalan dengan perkembangan keilmuan dan kemajuan pola pikir ditataran ekonomi maka di Indonesia telah digiatkan ekonomi syariah.


"Di Indonesia sudah banyak koperasi konvensional menjadi koperasi syariah.

Dan sudah banyak koperasi konvensional yang berkomitmen untuk menjadi koperasi syariah. 


Kakankemenag minta Pengurus KPRI MTsN Lubuk Buaya terus melakukan inovasi dan mencari terobosan baru dalam sistem pengembangan  keuangan agar kesejahteraan anggota makin meningkat.

seraya membuka kegiatan RAT MTsN Lubuk Buaya ke-15 dengan bacaan basmalah. 


Kepala MTsN 1 Padang yang juga Pembina KPRI, mengaku bangga dan bahagia "Selama saya bertugas di Kemenag baru kali ini saya mengikuti RAT koperasi di hotel bintang empat. Dan ini dilaksanakan oleh KPRI MTsN Lubuk Buaya.


Pria Kuranji yang hobby seni itu meminta anggota memegang teguh Semboyan Koperasi yakni, dari anggota oleh anggota dan untuk anggota kalau anggotanya banyak tentu asetnya juga akan besar


Isrizal berharap RAT tahun depan akan diikuti oleh semua Guru dan Pegawai  MTsN 1 Padang dengan masuk sebagai anggota KPRI.


Isrizal berharap Dalam RAT hendaknya bisa mengakomodir saran dan pendapat anggota untuk membesarkan KPRI. 

Bagaimana pengurus bisa memberikan kemudahan dan fasilitas yang bisa menarik anggota dan meningkatkan kesejahtaraannya.


Sementara itu Ketua KPRI MTsN  Lubuk Buaya, Hj. Maryani Sastera dalam laporannya menyampaikan bahwa KPRI ini berdiri pada tahun 2009, memiliki Badan Hukum tahun 2012, beranggotakan 35 orang dan telah memiliki aset 1 milyar rupiah. Dan sejak 2021 KPRI MTsN Lubuk Buaya telah pindah dari koperasi konvensional menjadi koperasi syariah.


KPRI telah memiliki beberapa macam usaha diataranya simpan pinjam, kantin halal, modal usaha, membantu pembelian barang, pinjaman insidentil dan lain-lain. Dan KPRI memberikan pinjaman tanpa bunga.


Pengurus telah berusaha sekuat tenaga dan terus berupaya mencari terobosan dan berinovasi untuk kesejahteraan anggota


Sebelum menutup laporannya Hj. Sas memohon kepala  Kakankemenag kiranya berkenan memberikan 

arahan,  motivasi, dan membuka acara secara resmi.


Turut hadir saat RAT ke-15 tersebut, Kakankemenag Padang, H. Edy Oktafiandi, Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal, Kaur TU, Humaira Lubis Pengurus dan anggota KPRI MTsN Lubuk Buaya

(DTB)