Berita

-

Senin, 19 Sepember 2022 Operator 406

Hari ini 45 Siswa MTsN 1 Padang Ikuti ANBK TP. 22/23


Padang,Humas- Empat puluh lima siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang yang dipilih secara acak oleh Kemenag Pusat melalui aplikasi Education Management Information System (EMIS) hari ini ikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun Pelajaran 2022/2023 diruang Labor Komputer, Senin (19/09/22).


Pelaksanaan ANBK dibagi menjadi tiga Sesi yakni, Sesi 1 pukul 07.00- 09.30, Sesi 2 pukul 10.00- 12.30, Sesi 3 pukul 14.00- 16.30, dan setiap Sesi diikuti oleh lima belas siswa.


Kepala MTsN 1 Kota Padang Isrizal mengatakan bahwa MTsN 1 Kota Padang siap menyelenggarakan dan mensukseskan ANBK Tahun Pelajaran 2022/2023. Segala sesuatu baik secara teknis maupun administrasi telah dipersiapkan dengan matang. Sebelumnya Isrizal berpesan kepada siswanya agar mengikuti Asesmen ini dengan baik, teliti, cermat, telaah secara jelas dan selesaikan semua soal dengan tuntas.


Isrizal menambahkan bahwa Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK merupakan salah satu agenda wajib bagi siswa madrasah yang manfaatnya ada empat yaitu pertama, Menguji Kemampuan bagi siswa, kedua, Menguji kejujuran, ANBK  sarana mengasah kejujuran siswa dalam mengerjakan soal. Kejujuran ini merupakan nilai utama dalam ANBK, jadi setiap siswa madrasah harus mampu berlaku jujur. 


Ketiga, Melatih kesabaran, ANBK adalah sarana mengasah kesabaran. Siswa harus bisa menahan emosi dan tidak larut dalam waktu Dan yang keempat, Melatih daya juang namanya ujian, tentu siswa harus berjuang untuk melaluinya dengan baik. Maka dari itu ANBK akan melatih daya juang siswa sehingga nantinya akan terbawa sampai dewasa jelas Isrizal mengakhiri


Sementara itu Wakur yang juga ketua panitia Idra Putri menjelaskan bahwa ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.


Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar terang Idra.

 

(Humas MTsN 1 Padang DTB)