Berita

-

Minggu, 11 Sepember 2022 Operator 422

Syahri Rahmi : Guru MTsN 1 Padang Ikuti Diklat Kepala Perpustakaan Berskala Nasional


Padang, Humas- Syahri Rahmi guru Bidang Studi Bahasa Inggris Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepala Perpustakaan berskala nasional yang digelar oleh Universitas Negeri Yogjakarta (UNY) mulai tanggal (09-23/09/22) di Studio Humas.


Diklat tersebut diikuti sebanyak 189 peserta se Indonesia, dihitung 120 jam, dan dibagi menjadi dua tahapan yakni tahap mengikuti paparan materi dari Dosen/Narasumber secara virtual/daring melalui zoom meeting 09-11 September 2022 dan pembuatan serta pengiriman tugas-tugas yang diberikan dosen tanggal 12 s/d 23 September 2022.


Adapun materi Diklat terdiri dari Penjelasan Teknis Diklat, Pembukaan, Wawasan Pendidikan, Anggaran Perpustakaan, Kepemimpinan di Perpustakaan, Kompetensi Kepala Perpustakaan.


Pembinaan Koleksi, Pengolahan Bahan Pustaka, Layanan Perpustakaan Sekolah/Madrasah, Bahan Rujukan Umum, Aplikasi TI di Perpustakaan, Literasi Informasi dan Minat Baca Penjelasan Tugas Akhir, dan Penutupan.


Saat ditanya tentang motivasi Rahmi untuk ikut Diklat Kepala Perpustakaan ini Ia mengatakan bahwa ini adalah dorongan positif dari pimpinan madrasah dan semangat diri sendiri untuk menambah ilmu dan wawasan tentang Perpustakaan dan pendidikan Literasi. Rahmi berharap Diklat ini akan memberikan energi positif bagi dirinya dan bagi warga MTsN 1 Padang. Kepala Perpustakaan yang memiliki Sertifikat sebagai legalitas formal  menjadi syarat utama untuk terakreditasinya dan kelayakan sebuah Perpustakaan ujar Rahmi.


Kepala MTsN 1 Kota Padang Isrizal memberikan apresiasi, support, dukungan, dan semangat kepada Rahmi yang telah mengikuti Diklat calon Kepala Perpustakaan. Isrizal mengatakan bahwa Peran Kepala Perpustakaan sangat strategis dalam mewujudkan pengelolaan  Perpustakaan yang profesional, nyaman, dan diminati siswa.


Setelah Rahmi lulus Diklat, memiliki Sertifikat, dan diangkat menjadi Kepala Perpustakaan diharapkan ada restorasi dalam pengelolaan Perpustakaan berbasis digital, layanan yang prima, meningkatkatnya kualitas dan mutu Literasi MTsN 1 Padang. Hal ini merupakan  langkah konkrit dalam mewujudkan Visi dan Misi MTsN 1 Kota Padang yakni "Madrasah Berbasis Literasi" ujar Isrizal.

(Humas MTsN 1 Padang DTB)