Berita

-

Jumat, 11 Agustus 2023 Operator 248

Siswa Kelas IX.6 Tagline Stop Bullying di Acara Muhadharah


Padang, Humas--Siswa Kelas IX.6 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang dibawah bimbingan Walikelas Meiherawati (guru Matematika) 

tampil beda pada muhadharah dengan Tagline "Stop Bullying, Jumat (11/08/23).


Mereka menampilkan Drama edukasi yang berjudul "Stop Bulliying di Madrasah" Drama tersebut membuat suasana muhadharah jadi menarik perhatian semua yang hadir. Riuhan tepuk tangan dan gemuruhnya suara peserta muhadharah turut mewarnai kegiatan rutin itu.


Drama dibawakan oleh Nadhila dkk. Drama ini melambangkan bullying di madrasah/sekolah, dengan beberapa pemain peran, sebagai kepala madrasah/sekolah, guru BK, siswa yang di bully dan yang membully, orangtua siswa kedua belah pihak, dan juga cara penyelesaian masalah bully.


Drama ini mengandung pesan pendidikan tentang bullying dan bahayanya. Bullying merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.


Dampak bullying bagi korban yang paling sering terjadi adalah memicu masalah kesehatan mental, seperti gangguan cemas, depresi, hingga post-traumatic stress disorder (PTSD). Pengaruh bullying terhadap kesehatan mental ini biasanya dialami oleh korban dalam jangka waktu panjang. Maka mari di Stop semua perilaku bullying.


Semua pelaksana yang diberikan kepercayaan telah menampilkan yang terbaik. mulai Master Of Ceremony (MC) Fresha (bhs. Indonesia), Satria (bahasa Inggris), Keysha (bhs. Arab). Pembaca Kalam illahi&Saritilawah Farel dan Sabrina, Pidato Keysha, Tahhfiz Reyhan dan Kesya, Drama Nadhila dkk, Asmaul Husna Hafiz dkk, Nasyid, 

Najwa dkk, doa oleh  Ervan.


Muhadharah terasa semakin lengkap dengan tampilnya Nurjamilah (guru Matematika) sebagai pemberi taushiyah dengan judul "Kewajiban Menuntut Ilmu"


Nurjamilah memberikan spirit menuntut ilmu kepada peserta muhadharah dengan lantunan syair yang berjudul "Pagiku Cerahku"


Nurjamilah mengutip hadist nabi tentang perintah wajibnya menuntut ilmu dari ayunan hingga ke liang lahad. Dan Milah juga menjelaskan adab-adab dan tips sukses menuntut ilmu.


Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal memberikan support kepada kelas IX.6 sebagai pelaksana muhadharah yang tampil dengan kreasi sendiri, menyuguhkan drama edukasi tentang stop bullying. "Tetaplah berinovasi untuk mengedukasi," katanya.


Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Madrasah, Isrizal, Kaur TU Humaira Lubis, Unsur Pimpinan, Idra Putri, Hj. Maryani Sastera, Suhelri, Dafril, guru dan pegawai.

(DTB)