Berita

-

Rabu, 2 Agustus 2023 Operator 290

Pengurus MGMP SKI MTs Kota Padang Gelar Pelatihan IKM


Padang, Humas–Guna mematangkan pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kota Padang gelar pelatihan.


Pelatihan digelar di Gedung Multimedia MTsN 6 Padang, Rabu, (02/08/23). Dan diikuti pengurus Dafril (ketua) Sri Mirawati (sekretaris), Masnidar (wakil ketua) dan guru-guru SKI MTs negeri dan swasta se Kota Padang


Pelatihan dibuka secara resmi H. Ramli ketua KKMTs, Kepala MTsN 6, Plt. MTsN 4 Padang yang juga Koordinator MGMP SKI MTs Kota Padang.


H. Ramli mengapresiasi pengurus dan anggota MGMP SKI MTs Kota Padang yang menggelar pekatihan IKM dan eksis dalam kegiatan keprofesian.


Kata H. Ramli MGMP SKI menjadi bahagian dari keberadaan madrasah. SKI satu dari empat bidang studi yang masuk kedalam rumpun PAI.


“Kegiatan MGMP ini perlu dilakukan secara kontiniu dan dikelola secara profesional seperti yang telah dilakukan pengurus MGMP SKI MTs Kota Padang. Dan kami MTsN 6 Padang siap untuk menfasilitasi. MTsN 6 ini milik kita bersama yang letaknya sangat strategis. Untuk itu mari kita manfaatkan bersama untuk peningkatan mutu pembelajaran,” pinta H. Ramli memotivasi.


MGMP ini secara resmi dipayungi dengan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : 60 Tahun 2015 tentang pembentukan MGMP madrasah,” ucap H. Ramli.


“Selamat berMGMP semoga wawasan keilmuan guru-guru SKI makin meningkat dan akan berdampak terhadap mutu pembelajaran di madrasah,” ucap Sekreris KKMTs Sumbar itu seraya membuka kegiatan dengan membaca basmalah.


Sebagai narasumber MGMP SKI MTs Kota Padang menghadirkan Fatmawati, M.Pd Wakil Kurikulum MTsN 2 Kota Padang yang juga mengajar SKI. Fatmawati merupakan Narasumber internal MGMP SKI yang sudah profesional dan telah sering menjadi instruktur IKM di Sumatera Barat.


Fatmawati menjelaskan kepada teman-teman sejawatnya tentang langkah-langkah penyusunan dan memilih Elemen, Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alun Tujuan Pembelajaran (ATP) secara rinci dan jelas.


Penjelasan yang diberikan Fatmawati langsung diikuti dengan praktek pembuatan dan penyusunan Elemen, CP, TP, dan ATP.


Ketua MGMP SKI MTs Kota Padang, Dafril, Tuanku Bandaro mengatakan bahwa, momen pertemuan MGMP dimanfaatkan guru-guru SKI untuk meningkatkan dan mengembangkan keprofesionalan dalam mendidik anak bangsa. Kegiatan ini lebih diperioritaskan untuk menambah wawasan ilmu pedagogik dan kompetensi keilmuan materi SKI.


“Kegiatan MGMP dikemas dan dipadukan antara ilmu teori, praktek, pelaksanaan, penerapan dan studi lapangan/studi sejarah ke tempat-tempat bersejarah di Sumatera Barat,” Ujar Dafril.

(HTJ)


Bagikan ini: