Berita

-

Jumat, 28 April 2023 Operator 252

Tingkatkan Mutu Pendidikan, MTsN 1 Padang Gelar Validasi Soal AM


Padang, Humas-- Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik merupakan kegiatan yang tak terpisahkan dalam proses pembelajaran. Tujuan pembelajaran dikatakan telah tercapai apabila sebagian besar peserta didik telah memiliki kompetensi berdasarkan kriteria kentuntasan yang telah ditetapkan. 


Peningkatan mutu pendidikan madrasaah terus dilakukan termasuk pada proses pengembangan soal asesmen atau ujian. Tahun 2023, MTsN 1 Padang terus  mengembangkan model ujian dengan membangun soal yang berkarakter HOTS (Higher Order Thinkin Skill).


Guna mewujudkan hal diatas, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang gelar kegiatan Validasi Soal Asesmen Madrasah (AM) yang telah dirancang, disusun dan ditulis oleh guru Bidang Studi dan akan diujikan kepada 314 siswa kelas IX, di ruang majelis guru, Jumat, (28/04/2023)


Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Madrasah, Isrizal. Saat membuka acara Isrizal didampingi Kaur TU Humaira Lubis, Wakur Idra Putri, Wakasis Hj. Maryani Sastera, Wakasarpras Suhelri, dan Wakahumas Dafril, Tuanku Bandaro.


MTsN 1 Padang menghadirkan dua Narasumber hebat yakni Nayusminar Nasrun (Pengawas Manajerial) dan Rusyda Masyhudi (penulis Soal AM nasional).

Pengawas manajerial, Nayusminar Nasrun memberikan penjelasan tentang kaidah penulisan soal dan rambu-rambu yang harus di taati dalam membuat soal. Sementara Rusyda Masyhudi memberikan penjelasan tentang teknis penulisan stimulus, redaksi, EYD, dan ciri-ciri soal yang baik, bermutu dan berkualitas.


Kegiatan bermutu tersebut diikuti semua guru Bidang Study dari 14  Kelompok Kerja Guru (KKG). Para pendidik anak bangsa itu mengikuti kegiatan dengan sangat antusias dan rasa optimis untuk menambah wawasan keilmuan di bidang penulisan soal yang baik.


Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal dalam arahannya menjelaskan bahwa, Asesmen Madrasah yang selanjutnya disebut AM adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan. Fungsi dari asesmen madrasah salah satunya adalah untuk penentuan kelulusan peserta didik dari madrasah. Oleh karena itu kualitas instrumen atau soal asesmen menjadi sangat penting.


"MTsN 1 Padang siap untuk mensukseskan AM tahun pelajaran 2022/2023 dengan inovasi baru dengan melaksanakan AM dengan menggunakan E-Learning dengan memakai HP android/laptop/komputer," ujar Isrizal.

(DTB)