Berita

-

Minggu, 28 Januari 2024 Operator 95

Cegah Anemia dan Stunting, Ratusan Siswi MTsN 1 Padang Terima TTD dan Sosialisasi Penyakit Anemia


Humas–Siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Padang menerima Tablet Tambah Darah (TTD) dari petugas kesehatan Puskesmas Lubuk Buaya dan meminumnya secara serentak, di aula madrasah, (26/01/24)


Sebelum pemberian tablet, Petugas Kesehatan memberikan sosialisasi tentang penyakit anemia dan manfaat tablet penambah darah bagi remaja wanita.

Materi disampaikan oleh Naufal Ikhsan, A.Md.Gz (Nutrisioniz) dan Rita Fitriana, A.Md.Keb (Bidan Terampil) dari Puskesmas Lubuk Buaya.


Menurut Naufal selaku tim kesehatan, upaya pemberian tablet zat besi ke siswi MTsN 1 Padang untuk menimalisasi perempuan usia muda mengalami anemia.


Naufal memaparkan secara gamblang tentang penyakit Anemia, Anemia adalah kondisi ketika tubuh mengalami penurunan atau jumlah sel darah merah berada di bawah kisaran normal. Hal ini terjadi karena kurangnya hemoglobin (protein kaya zat besi) sehingga memengaruhi produksi sel darah merah. Maka dari itu, oksigen juga sulit untuk mencapai sel dan jaringan di dalam tubuh. Masalah kesehatan atau penyakit pada remaja termasuk anemia seringkali membuat orangtua khawatir. Apalagi, saat mengalami anemia, anak terlihat lebih mudah lelah dan lesu.


“pertumbuhan yang cepat merupakan penyebab utama anemia pada remaja. Ini merupakan usia dimana anak sangat rentan mengalami anemia,” jelasnya.


Selanjutnya Naufal dan Rita menjelaskan jika seorang remaja putri menderita anemia dan kemudian hamil, maka akan berpotensi melahirkan bayi dengan tubuh pendek. Hal ini disebabkan karena kurangnya suplai oksigen makanan ke janin selama masa kehamilan, pungkasnya.


Diakhir pemaparannya Naufal Ikhsan  menjelaskan cara mengatasi anemia pada remaja. Pertama, yang perlu dilakukan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter. Setelah mengevaluasi, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik sekaligus melakukan tes darah untuk melihat kadar hemoglobin. Perawatan serta cara mengatasi anemia yang bisa dilakukan tergantung dari penyebabnya. Beberapa perawatan yang bisa dilakukan adalah:

-Obat atau suplemen zat besi yang sudah diresepkan dokter.

-Perubahan pola makan.

-Transfusi darah.

-Pengobatan penyakit lainnya yang menjadi penyebab anemia.


Setelah menerima penyuluhan dan sosialisasi dua ratusan siswi menerima TTD dari petugas kesehatan. Semua siswi terlihat senang dan antusias meminumnya demi kecintaan pada kesehatan tubuh.


Kepala MTsN 1 Padang, Isrizal berterima kasih kepada petugas kesehatan Puskesmas Lubuk Buaya yang sudah memberikan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan tentang penyakit anemia serta memberikan tablet TTD kepada siswinya.


Isrizal berharap siswa meminum TTd ini secara teratur. Usahakan minum TTD ini setelah sarapan, diminum dengan air putih agar penyerapan zat besinya maksimal.


“Tujuan pemberian TTD ini selain untuk meminimalisir potensi anemia yang berakibat terhadap kesehatan dan prestasi di madrasah pemberian tablet tambah darah juga untuk mempersiapkan kesehatan remaja putri pada saat sebelum menjadi calon ibu,” tutur Isrizal.


Turut mendampingi siswi pada kegiatan kesehatan tersebut, Wakasis, Hj. Maryani Sastera dan Guru Bimbingan Konseling (BK), Jaslainy.

(DTB